oleh

Porsi Makan Siang Ideal Agar Berat Badan Tetap Stabil

Kabar6-Makan siang akan mempengaruhi kecukupan asupan gizi sehari-hari. Orang yang tidak sarapan, biasanya akan makan siang dengan porsi yang berlebihan. Padahal, kebiasaan itu tidak dianjurkan karena justru dapat menambah risiko kenaikan berat badan.

Dalam menentukan menu makanan yang sehat dan tepat tidak bergantung dengan seberapa kenyang perut Anda atau seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Porsi makanan tersebut haruslah memenuhi jumlah kalori tertentu.

Lantas, bagaimana menghitung berapa banyak kalori dari setiap makanan? Melansir Hellosehat, berikut trik mengatur porsi makan siang yang ideal agar berat badan tetap stabil:

1. Ketahui jumlah kalori yang dibutuhkan
Kebutuhan kalori setiap orang per hari sebenarnya tidak bisa dipukul rata. Banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori setiap orang, seperti jenis kelamin, usia, riwayat kesehatan, hingga seberapa berat aktivitas yang dilakukan sehari-harinya.

Porsi makan siang yang ideal ini haruslah dikendalikan dengan mengikuti kebutuhan kalori tubuh Anda. Idealnya, kebutuhan kalori yang perlu dipenuhi dalam satu porsi makan siang adalah 30 persen dari jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari. Dengan catatan, pola makan teratur yang dilakukan adalah tiga kali makan berat, dan dua kali snack dalam sehari.

Cara lain untuk memastikan kebutuhan kalori Anda adalah dengan berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi. Misalnya, kebutuhan kalori harian Anda setelah dihitung adalah sebesar 2.000 kalori. Maka, porsi makan siang yang dianjurkan adalah sebanyak 600 kalori.

Nah, dari angka tersebut barulah dibagi lagi menjadi porsi per bahan makanan, dari karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin dan mineral.

2. Membagi komposisi makanan
Setelah tahu berapa banyak kalori yang sebaiknya dimakan saat makan siang, selanjutnya Anda harus memahami bagaimana cara membaginya ke bahan-bahan makanan, dari makanan pokok, lauk-pauk, hingga sayur dan buah.

Ada ‘Pedoman Gizi Seimbang’ yang di dalamnya menjelaskan tentang bagaimana Anda harus membagi makanan dalam satu piring. Dianjurkan untuk membagi isi piring dengan komposisi sebagai berikut:

a. Makanan pokok seperti nasi, bihun, mi, roti atau penggantinya: 3/4 dari isi piring
b. Lauk pauk seperti protein hewani dan nabati: 1/4 isi piring
c. Sayur-sayuran: 3/4 isi piring
d. Buah-buahan: 1/4 isi piring. ** Baca juga: Kebiasaan Berselancar di Media Sosial Bikin Berat Badan Bertambah

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru