oleh

Polisi Siap Amankan PSU Pilkada Lebak

Kabar6-Kepolisian Resor Lebak menyatakan siap mengamankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Lebak setelah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebanyak 680 personel akan dikerahkan untuk mengamankan PSU calon bupati dan wakil bupati.

“Petugas pengamanan PSU tersebut juga mendapat bantuan dari pasukan Brimob, Polda Banten, TNI, dan petugas Perlindungan Masyarakat,” kata AKB Mulia Nugraha, Kepala Polres Lebak, Rabu (9/10/2013).

Petugas pengamanan PSU tersebut, jelas Mulia, akan ditempatkan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 345 desa dan kelurahan yang tersebar di 28 kecamatan.

“Dalam pengamanan PSU, kami akan tetap mengedepankan tindakan persuasif jika ada aksi demontrasi. Seluruh personel yang bertugas tidak akan dilengkapi senjata,” terangnya.

Mulia menjamin, PSU akan berjalan lancar dan tertib karena pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Lebak sebelumnya berlangsung kondusif.

“Kami optimistis pelaksanaan PSU Pilkada akan berjalan tertib, aman, lancar, dan kondusif,” ujarnya.

Disebutkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar pelaksanaan PSU berjalan tertib, karena tindakan anarkis hanya akan merugikan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak Maman mengatakan, pihaknya tengah mengusulkan jadwal PSU Pilkada kepada
KPU Pusat di Jakarta.

“Jadwal pelaksanaan PSU hingga saat ini belum ditetapkan karena khawatir terjadi kesalahan,” ungkapnya.

Diakui, pihaknya mengajukan jadwal PSU ke KPU Pusat agar tidak terjadi pelanggaran. “Kami lebih baik terlambat untuk melaksanakan PSU, namun tidak menimbulkan masalah,” ucap Maman.(ant/jus)

Berita Terbaru