oleh

Polisi Nigeria Berhasil Bebaskan 19 Wanita dari ‘Pabrik Bayi’

Kabar6-Polisi Nigeria berhasil membebaskan belasan gadis dan wanita muda dari ‘pabrik bayi’. Disebutkan, mereka diculik, dihamili, dan dipaksa melahirkan bayi untuk kemudian dijual.

Juru bicara kepolisian Lagos bernama Bala Elkana, melansir SCMP, mengatakan bahwa para korban berjumlah 19 orang dan berusia antara 15-28. Selain itu ada empat bayi yang diselamatkan dari empat lokasi di daerah Ikotun di Lagos. Para korban yang sebagian besar berasal dari Nigeria timur mengatakan bahwa mereka ditipu untuk datang ke Lagos dengan janji mendapatkan pekerjaan sebagai staf rumah tangga.

Dua tersangka, dijelaskan Elkana, telah ditangkap dan perburuan diluncurkan untuk tersangka utama. Nigeria mempunyai sindikat kejahatan yang tinggi, membuat wanita muda menghasilkan bayi untuk dijual. Inilah yang secara lokal disebut pabrik bayi. “Laki-laki secara bergantian memperkosa dan menghamili perempuan itu,” kata petugas.

Harga bayi perempuan, menurut juru bicara kepolisian, sekira US$1.325 sementara seorang anak laki-laki bisa mencapai US$2.200. Disebutkan, beberapa wanita bergabung dengan sindikat itu secara sukarela. Mereka percaya akan dibayar, namun kepada polisi mereka mengaku tidak diberi uang.

Petugas diberitahu tentang keberadaan pabrik pada pertengahan September setelah menerima informasi dari warga sekitar tentang banyak wanita hamil di wilayah mereka. Diketahui, pabrik bayi banyak terdapat di Nigeria. ** Baca juga: Mengapa Militer AS Masih Pakai Disket dan Komputer Jadul?

Beberapa waktu lalu, bayi berumur satu minggu diselamatkan dari sindikat perdagangan ilegal di Lagos, sementara penggerebekan besar-besaran lainnya tahun lalu menyelamatkan 160 anak-anak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru