oleh

Polisi Disposal Bahan Peledak Pembuatan Bom Ikan

Kabar6 – Brimob Polda Banten musnahkan bahan peledak hang ditemukan dari sekitar lokasi ledakan, di Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Minggu malam, 09 Januari 2022 sekitar pukul 20.30 wib.

Bahan peledak itu ditemukan tim Jibom Polda Banten usai menyisir sekitar lokasi ledakan pada Senin, 10 Januari 2022 kemarin.

“Hari ini tim Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten melakukan disposal,” kata Dansat Brimob Polda Banten, Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho, Selasa (11/01/2022).

Tim penjinak bom (Jibom) menerangkan prosedur pemusnahan bahan peledak atau disposal dengan cara menggali lubang disebuah lahan kosong yang jauh dari jangkauan manusia. Kemudian diberi label panjang yang dianggap aman, selanjutnya diledakkan.

**Baca juga: Polisi Identifikasi Residu Ledakan Maut di Pandeglang

Hasil dari penyisiran, polisi menemukan bahan peledak Flash Powder yang termasuk kedalam Low Explosive.

“Pendisposalan dilakukan dengan meletakkan bahan peledak di dalam lubang yang telah disiapkan, dipasangkan dengan detonator, disambungkan dengan kabel, lalu diledakkan dengan alat pemicu. Lokasi disposal juga steril dari masyarakat umum,” kata Kanit Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten AKP Edison, Selasa (11/01/2022).(dhi)

Berita Terbaru