Polda Banten Waspadai Jaringan Narkoba Via Online

Dir Narkoba Polda Banten, Kombes Pol Johanes Hernowo. (bam)

Kabar6-Direktorat Narkoba Polda Banten kini tengah mewaspadai aksi para pengedar yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Mulai dari mengedarkan narkoba lewat jaringan internet atau Media Sosial (Medsos) hingga melakukan transaksi narkoba lewat telepon.

“Peredaran narkoba saat ini semakin canggih, baik pembeli maupun penjual tidak perlu ketemu langsung ketika transaksi belanja barang haram itu. Cukup dengan kesepakatan dan kepercayaan kedua belah pihak,” ungkap Dir Narkoba Polda Banten, Kombes Pol Johanes Hernowo kepada kabar6.com, Sabtu (10/2/2018).‎

Johanes mengatakan transaksi narkoba cukup komunikasi lewat telepon. Dalan transaksi ini, barang akan ditaruh, sedangkan untuk pembayaran sesuai permintaan dan kesepakatan harga kemudian pembayaran dengan transfer.

Dengan kecanggihan dan kemahiran para pengedar itu, maka anggota juga dituntut harus melek IT, agar tidak ketinggalan dengan kecanggihan para pengedar narkoba tersebut.

“Kita (Satnarkoba-red) harus lebih canggih dengan para pengedar maupun bandar Narkoba. Sebab, IT sangat mendukung dan efektif sekali, karena transaksi bisa dilakukan melalui telepon,” tandasnya.

Menurut Johanes, meski transaksi dilakukan lewat telepon, namun bukan berarti aksi kejahatan tersebut tidak meninggalkan jejak.**Baca Juga: Pengurus Pena Ungu se-Kabupaten Tangerang Dilantik.

“Bukti transfer, maupun percakapan di pesan singkat telepon juga bisa dijadikan bukti lho,” ujarnya lagi.‎(bam)