Polda Banten Bakal Bangun RS Bhayangkara

Kapolda
Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo.(ist)

Kabar6-Kepolisian Daerah (Polda) Banten berencana membangun Rumah Sakit (RS) Bhayangkara. Adapun rencana pembangunan rumah sakit itu akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Saat ini, pihak Polda Bnaten sudah mulai melakukan perencanaan pembangunan. Dijadwalkan RS Bhayangkara itu akan dibangun di Kota Serang, sementara smart buildingnya di Tangerang.

“Saat ini, telah dilakukan tender perencanaan. Setelah Dan, nanti setewlah selesai, maka rencana itu akan dilanjutkan ke tahap tender kontruksi bangunan,” ujar Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, usai peresmian gedung Subdit Regident di Polda Banten, Rabu (31/1/2018).

Kapolda menyebut, bila pembangunan itu nantinya akan menelan biaya hingga sebesar Rp78 miliar. “Selain untuk umum, sesuai standar polri, rumah sakit nantinya juga akan memberikan layanan forensik terhadap kasus kriminalitas,” ujar Listyo lagi.

Dijelaskannya, untuk smart building, gedung RS Bhayangkara itu nantinya akan terintegrasi dengan sistem IT. Mulai dari program listrik, monitoring pengawasan anggota sampai CCTV.

“Gedung RS Bhayangkara yang mengusung konsep smart itu, nantinya juga akan kita integrasikan dengan dinas terkait dan pelayanan IT, hingga pelayanan ke masyarakat jadi lebih baik,” ujarnya.**Baca juga: Awasi Anggaran Pilkada, Tim Asistensi Polri Diterjunkan ke Polda Banten.

Smart building yang dibangun di lingkungan Polres Tangerang ini, lanjutnya akan menghabiskan dana Rp 60 M. Menggunakan dana APBN dengan kemungkinan ada dana tambahan menggunakan anggaran multy years.(BL/tmn)