oleh

Pola Makan Sehat yang Disarankan untuk Pekerja Malam

Kabar6-Seringkali Anda harus membawa pekerjaan kantor di rumah, karena harus segera selesai keesokan harinya, atau justru Anda lembur di kantor hingga malam. Di sisi lain, sebagian orang memang mendapat shift kerja pada malam hari.

Agar stamina tubuh tetap terjaga, Anda tentu membutuhkan asupan gizi. Sebuah studi pada 2014 menemukan, pola shift malam mempengaruhi metabolisme seorang karyawan.

Lantas, bagaimana waktu makan malam yang tepat untuk Anda yang sering mendapat shift malam atau lembur? Melansir Grid, sebelum berangkat kerja, konsumsilah makanan utama Anda. Jika Anda bekerja pada shift sore, makanlah di siang hari. Jika bekerja pada shift malam, makanlah pada pukul 18.00.

Makanlah sedikit dan konsumsi camilan sehat selama shift. Mengonsumsi makanan utama seperti nasi dan lauk bisa menyebabkan maag dan sembelit. Tak hanya itu, Anda juga akan merasa mengantuk saat bekerja.

Kemudian siapkan camilan sehatu sendiri. Saat di kantor, waktu Anda mungkin akan tersita dengan pekerjaan. Untuk mengakalinya, Anda bisa menyiapkan camilan sehat sendiri dari rumah seperti buah-buahan.

Disarankan untuk menghindari makanan berlemak. Saat bekerja di malam hari, sebisa mungkin hindari makanan yang berlemak, karena bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Terlalu banyak lemak jenuh dalam makanan bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

Hal yang penting, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Minum banyak air bisa mencegah dehidrasi, karena dapat membantu Anda tetap terjaga selama shift malam. Jangan lupa untuk menyimpan sebotol air di atas meja kantor. ** Baca juga: Menurut Survei, Ada 6 Hal yang Dikhawatirkan Pria

Jaga selalu stamina Anda dengan konsumsi makanan sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru