oleh

Pola Makan ala Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Orang-orang yang umurnya mencapai 90 bahkan 100 tahun, digolongkan dalam kondisi fisik yang sehat. Berumur panjang erat berkaitan dengan pola makan dan gaya hidup.

Salah satu bangsa yang memiliki umur panjang adalah Jepang. Dikutip dari bintang.com, sebagian orang tua di Jepang yang mencapai usia 90-100 tahun, tidak lepas dari pola hidup dan makan mereka. Kunci pertama ada pada hidangan penutup.

Mereka ternyata terbiasa meminum teh hijau tanpa gula atau buah. Porsi makan mereka pun lebih sedikit. Sementara itu, teh hijau dan buah tentunya tidak mengandung banyak gula seperti puding dan cake, sehingga mereka tak terlalu banyak memakan gula.

Selain itu, mereka juga mengganti salad dengan rumput laut. Beberapa peneliti menemukan, rumput laut mengadung banyak serat dan antioksidan yang berguna untuk melawan berbagai penyakit, termasuk mengurangi lemak pada tubuh.

Selain itu, kunci panjang umur ada pada sushi, makanan khas orang Jepang. Kebanyakan di dalam sushi ada ikan dan hewan laut lainnya, mengandung omega 3 yang penting untuk kesehatan, terutama otak dan jantung. ** Baca juga: Mengapa Selalu Gagal Berdiet?

Ternyata rahasia panjang umur dan sehat hingga usia senja sederhana saja ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru