oleh

PKK Kota Tangerang Ajak Masyarakat Lakukan Pola Hidup Sehat

Kabar6-Pembinaan kesehatan keluarga sehat dimulai dari diri sendiri. Hal itu diungkapkan Ketua PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah di Aula serba guna, Komplek Mabes Polri Batuceper.

Dalam giat PKK se-Kecamatan Batuceper itu, Aini menjelaskan Program Indonesia Sehat (PIS) merupakan salah satu agenda kerja pemerintah.

“PIS untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui paradigma sehat, penguatan layanan serta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” jelas Aini, Minggu (28/7/2019).

Pendekatan Keluarga (PK) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.

Ada 12 indikator untuk mewujudkan keluarga sehat. Diantaranya, keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB).

Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan mendapatkan air susu ibu (ASI) ekslusif serta Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan.

“Untuk penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar dan penderita hipertensi melakukan pengobatan teratur. Penderita gangguan jiwa agar mendapatkan pengobatan dan tidak diterlantarkan,” terangnya.

Terakhir, agar anggota keluarga tidak merokok dan sudah menjadi anggota JKN serta memiliki akses sarana air bersih dan menggunakan jamban sehat.

**Baca juga: Terdampak Kekeringan, Camat Legok Ajukan Permintaan Air Bersih ke PDAM TKR.

Senada, Liana Hidayatullah, istri Camat Batuceper menambahkan, untuk keluarga sehat dan bersih dari penyakit, agar memperhatikan beberapa faktor.

Yakni, melakukan pendataan keluarga sehatdengan pihak Puskesmas setempat. Menggerakkan kader PKK untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi komplit untuk balita.

“Sosialisasikan fungsi dan kegunaan alat kontrasepsi dan pentingnya kesehatan lansia. Serta manfaat vaksinasi bagi balita ke masyarakat,” tambahnya.(Jic)

Berita Terbaru