oleh

Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang, Alasan 15 Desa ini Disebut Paling Rawan

Kabar6 -Wakil Kapolres Kota Tangerang Ajun Komisaris Besar Komarudin mengatakan ada 15 desa dari 153 desa yang menggelar Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang yang dianggap paling rawan. “Saat ini potensi kerawanan terjadi di beberapa titik, khususnya di 15 desa,” ujarnya dalam wawancara dengan Kabar6.com dikantornya, Kamis 17/10/2019.

Meski tidak menyebut nama nama desa itu, namun Komarudib mengatakan belasan desa rawan itu berada di wilayah Utara Kabupaten Tangerang. Menurut dia, kerawanan terjadi karena di 15 desa itu memiliki jumlah balon kades lebih dari 5. “Dengan tahapan seleksi tes tertulis yang melibatkan calon lebih dari 5 berguguran,” kata Komarudin.

Pasca diumumkannya calon kades yang lolos uji tertulis dan kompetensi, gelombang protes massa terjadi dibeberapa desa, seperti Patrasana, Tanjung Pasir dan Kosambi Barat.

Menurut Komarudin, gesekan-gesekan antar pendukung balon kades potensinya lebih besar terjadi pada desa yang memiliki calon lebih dari dua. Sebab, kata dia, konsentrasi warga pada desa tersebut terpecah menjadi banyak dan berpotensi tinggi terjadinya bentrokan.” Memang tidak semua desa. Hanya ada beberapa desa yang masih berpolemik,” ujarnya.

Pilkades serentak 153 desa di Kabupaten Tangerang akan digelar pada 1 Desember 2019 diikuti oleh 596 calon kades.

**Baca juga: Ribuan Orang Ramaikan Parade kebangsaan di Tigaraksa.

Adapun desa yang menggelar Pilkades adalah ; 8 Desa di Kecamatan Pagedangan, 6 Desa di Kecamatan Cikupa, 6 Desa di Kecamatan Balaraja, 7 Desa di Kecamatan Kronjo, 3 Desa di Kecamatan Jayanti, 7 Desa di kecamatan Tigaraksa, 6 desa di Kecamatan Jambe, 5 desa di Kecamatan Cisoka, 7 desa di Kecamatan Kresek, 4 Desa di Kecamatan Mauk, 3 Desa di Kecamatan Kemiri, 3 Desa di Kecamatan Sukadiri, 4 Desa di Kecamatan Rajeg, 5 Desa di Kecamatan Pasar kemis, 11 Desa di Kecamatan Teluk Naga, 7 Desa di Kecamatan kosambi, 9 Desa di Kecamatan Pakuhaji, 7 Desa di Kecamatan Sepatan, 2 Desa di Kecamatan Curug, 3 Desa di Kecamatan Panongan, 9 Desa di Kecamatan Legok, 3 Desa di Kecamatan Cisauk, 5 Desa di Kecamatan Sukamulya, 5 Desa di Kecamatan Sindang Jaya, 5 Desa di Kecamatan Sepatan Timur, 4 Desa di Kecamatan Solear, 5 Desa di kecamatan Gunung Kaler dan 4 Desa di Kecamata Mekar Baru. (Vee)

Berita Terbaru