oleh

Pilkades Lebaksitu, Calon Tunggal Kalah Lawan Kotak Kosong

Kabar6-Desa Lebaksitu di Kecamatan Lebakgedong merupakan satu di antara 65 desa di Kabupaten Lebak yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa (pilkades), Minggu (13/11/2022).

Berbeda dengan desa lainnya, masyarakat yang sudah punya hak pilih di Lebaksitu hanya disuguhi oleh satu calon alias calon tunggal atas nama Marsudin.

Ketua Sub Panitia Pilkades Lebaksitu, Tb Iton Iskandar mengatakan, calon tunggal di desa tersebut setelah satu calon lainnya yakni Suherman mengundurkan diri di tengah tahapan.

“Tadinya ada dua yang ditetapkan sebagai calon, tetapi di perjalanan calon atas nama Suherman mengundurkan diri. Besok penyampaian visi misi, malamnya yang bersangkutan mengundurkan diri,” kata Iton kepada Kabar6.com, Senin (14/11/2022).

Iton menyebut, tidak ada alasan lain di balik mundurnya Suherman kecuali ingin menjaga kondusifitas Lebaksitu.

“Hanya itu saja kata yang bersangkutan, mau jaga kondusifitas. Kalau kondisi pilkades ya dibilang rawan enggak terlalu sepertinya ya,” ucap Iton.

Alhasil dengan ditinggal mundur Suherman, Marsudin menjadi calon tunggal dan melawan kotak kosong. Namun dari hasil pemilihan, Marsudin kalah dengan selisih suara yang cukup banyak.

**Baca juga: Gorong-gorong Jebol, Rumah-Musala di Tamansari Terendam Banjir

Dari 2.559 jiwa yang tercatat sebagai pemilih, sebanyak 1.475 atau 61 persen pemilih memilih kotak kosong. Sementara Marsudin mendapat 962 atau 39 persen suara.

“Kami dari panitia dan BPD tentu hanya menyampaikan apa hasilnya ke pemerintah daerah (pemda), soal nanti bagaimana itu jadi kewenangan pemda. Alhamdulillah pelaksanaan pilkades aman dan lancar,” katanya.(Nda)

Print Friendly, PDF & Email