oleh

Pilkada 2020, Bawaslu Tangsel Pelototi Coklit 1.380.662 Orang

Kabar6-Mulai besok sebanyak 2.965 orang Petugas Pemutakhiran Data (PPDB) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) disebar. Bawaslu setempat pun siap pelototi selama tahapan pencocokan dan penelitian atau coklit data pemilih dilaksanakan.

“Maka hari ini secara simboli tadi kita berikan APD, sampai multivitamin,” kata Ketua Bawaslu Tangsel, Muhamad Acep di Serpong Utara, Selasa (14/7/2020).

Ia jelaskan, jumlah data yang akan dicoklit oleh KPU itu sebanyak 1.380.662 orang. Apakah orang tersebut masih hidup atau sudah meninggal, berusia 17 tahun, apakah sudah ada yang menjadi anggota TNI/Polri, atau yang sudah menjadi pensiunan.

Jadi coklit itu untuk memastikan pemilih di Pilkada 2020. Acep bilang, di masa pandemi Covid-19 ada dua hal yang mesti diperhatikan lembaga penyelenggara pemilu. Peraturan KPU menyebutkan setiap tahapan memperhatikan protokol kesehatan dan Bawaslu harus mengikuti prosedurnya.

**Baca juga: Distributor Logam Mulia di Pondok Aren Disebut Punya 2 Motor Harley.

“Yang mana setiap PPDP dipastikan tidak hanya mendatangi rumah penduduk, untuk dilakuk coklit. Tetapi juga harus memakai masker, pelindung wajah (face shield), membawa hand sanitizer serta menggunakan sarung tangan.

Menurut Acep, jadi ingin memastikan ada dua yang diawasi Bawaslu. Pertama coklitnya, dan kedua tentang penyebaran Covid-19.(yud)

Berita Terbaru