Pilihan Buah yang Tepat Jika Anda Hindari Nasi Saat Sarapan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang memilih tidak mengonsumsi nasi saat sarapan dengan berbagai alasan.

Nah jika Anda termasuk salah satu di antaranya, beberapa buah berikut, dikutip dari berbagai sumber, dapat dijadikan alternatif sebagai menu sarapan:

1. Pepaya
Buah ini berguna untuk sistem pencernaan. Selain itu, pepaya termasuk buah yang digunakan untuk membersihkan perut dan usus. Mengonsumsi pepaya sebagai menu sarapan sehat sangat disarankan, entah itu dalam bentuk buah segar ataupun dalam bentuk jus. Selain baik bagi kesehatan tubuh, pepaya juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Lemon
Secangkir lemon hangat di pagi hari mampu meningkatkan fungsi dan metabolisme tubuh. Selain itu, air yang terkandung di dalamnya juga bisa mengatasi masalah dehidrasi tubuh.

Meskipun tidak bisa menggantikan peran nasi sebagai sumber karbohidrat, Anda bisa tetap memasukkan lemon ke dalam menu pendamping saat sarapan.

3. Pisang
Pisang salah satu jenis buah yang banyak digemari untuk disantap saat sarapan di pagi hari. Dengan memasukkan pisang kedalam menu sarapan sehat Anda di pagi hari, tentunya bisa membantu kelancaran sistem pencernaan. Selain itu, pisang juga bisa menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda selama beraktivitas.

4. Buah Kering
Kismis dan kurma merupakan beberapa jenis buah kering yang cukup populer. Buah kering juga sangat bagus sebagai menu sarapan sehat Anda.

Buah kering mengandung gula yang tinggi dan karbohidrat, dapat memberikan energi yang diperlukan tubuh. Namun, buah kering ini cukup mudah meningkatkan berat badan, sehingga kurang cocok untuk disantap oleh Anda yang sedang diet.

5. Semangka
Mengandung banyak air dan juga nutrisi tinggi yang baik bagi tubuh. Jika Anda mengonsumsi semangka saat sarapan, maka tubuh Anda akan terhindar dari masalah dehidrasi. Semangka ini bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar atau juga diolah sebagai minuman seperti smoothies. ** Baca juga: Hindari Konsumsi Beberapa Jenis Makanan Ini Secara Bersamaan

Selamat mencoba.(ilj/bbs)