oleh

Pilih Waktu Ideal untuk Membersihkan Rumah

Kabar6-Menjaga kebersihan rumah, tidak sekadar hanya pada ruangan tertentu seperti kamar tidur, toilet, dan dapur. Hal yang mungkin belum dipahami, sebenarnya membersihkan seluruh rumah tidak harus setiap hari.

Namun, untuk beberapa bagian di dalam rumah, perlu dibersihkan hampir setiap hari. Melansir Womantalk, berikut waktu ideal untuk membersihkan rumah agar tetap bebas dari virus, bakteri, dan kuman penyakit.

1. Lantai ruangan
Pastikan Anda rutin menyapu lantai ruangan setiap hari. Hal ini karena banyak debu dan sisa kotoran yang tersisa di lantai. Sedangkan untuk mengepel, Anda bisa lakukan tiga kali seminggu agar lantai tentang bersih dan kinclong.

2. Karpet
Bila Anda memiliki karpet di rumah, pastikan Anda menyedot debu minimal seminggu sekali. Bila dibiarkan terlalu lama, bakteri dan debu yang tidak terlihat tersebut bisa berbahaya dan menyebabkan asma.

3. Toilet
Ini bagian terkotor karena digunakan setiap hari sebagai wadah untuk ekresi tubuh. Tidak perlu setiap hari membersihkannya, tetapi pastikan seminggu sekali Anda membersihkan pakai cairan pembersih kuman.

Jangan lupa juga menutup kloset ketika menyiramkan flush setiap hari supaya bakteri tidak bertebrangan dan mengontaminasi seluruh toilet. Bersihkan juga bak mandi, kloset, pancuran air, wastafel, hingga rak menyimpan peralatan mandi supaya tetap bersih.

4. Dapur
Biasakan untuk langsung membersihkan semua peralatan makan setelah digunakan. Jadinya, bisa mengurangi pekerjaan rumah Anda di akhir pekan.

Selain mencuci piring kotor, Anda juga bisa menyemprotkan disinfektan ke meja, kompor, dan sekitarnya supaya tetap higienis. Untuk wastafel, bersihkan sehari sekali agar kotoran sisa makanan tidak tersumbat.

5. Kulkas
Kulkas juga perlu dibersihkan karena mudah dihinggapi jamur. Kulkas memiliki udara yang lembap dan mudah sekali kotor karena makanan. Pastikan Anda mengosongkan kulkas setiap 3-4 bulan sekali.

Saat membersihkan kulkas, gunakan campuran air dan satu sendok makan soda kue untuk membersihkan rak dan dinding kulkas. Bilaslah dengan air dan biarkan kering sebelum Anda memakainya kembali.

6. Kamar tidur
Ini ruangan yang tidak boleh terlupakan. Idealnya, ganti sprei Anda setiap 1-2 minggu sekali, sapu lantai kamar tidur setiap hari, dan cuci bantal dan guling Anak tiap 3-4 bulan sekali.

Sedangkan untuk kasur, Anda bisa membersihkan dua kali dalam setahun. Jadinya, Anda bisa tidur dengan nyaman dan tetap sehat. ** Baca juga: Stok Makanan Tahan Lama yang Bantu Jaga Imun Tubuh

Rumah yang bersih, cermin kesehatan penghuninya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru