oleh

Pilih Menu Sahur & Berbuka Puasa Terbaik Saat Mudik Lebaran

Kabar6-Meskipun menempuh perjalanan jauh saat mudik, bagi Anda yang masih sehat disarankan untuk tetap berpuasa. Hal yang tidak boleh diabaikan adalah tetap makan sahur dan berbuka puasa dengan baik dan benar.

Bagaimana agar puasa tetap lancar selama perjalanan mudik? Melansir doktersehat, berikut menu sahur dan berbuka puasa yang disarankan selama perjalanan mudik:

1. Air putih yang cukup
Saat sahur dan berbuka puasa, air putih tidak boleh dilewatkan, karena akan mencegah terjadinya dehidrasi selama perjalanan mudik. Usahakan untuk tetap minum tiga gelas air putih, atau minimal satu botol air mineral ukuran 600 ml sampai habis. Selanjutnya saat berbuka puasa, minum air putih dengan takaran yang sama atau lebih banyak lagi.

2. Karbohidrat kompleks yang mengenyangkan
Anda bisa membawa beberapa roti atau kue yang dapat bertahan lebih dari sehari. Makan kue saat sahur dan berbuka puasa. Kalau Anda ingin tambahan protein bisa membuat ayam goreng krispi atau makanan lain seperti kering tempe kacang yang mudah dibawa dan dimakan selama perjalanan.

3. Makanan pengganti
Anda bisa menggunakan makanan pengganti misalnya beberapa jenis sereal yang bisa diseduh dan tinggal di minum saja. Kalau Anda ingin kandungan nutrisi yang besar, bisa minum sejenis whey protein yang mengenyangkan.

4. Suplemen untuk daya tahan tubuh
Selain menyiapkan makanan dan minuman yang bisa memberikan efek kenyang pada tubuh, ada baiknya Anda menyiapkan suplemen. Minum suplemen yang mengandung vitamin C agar daya tahan tubuh selalu sehat selama berkendara. Suplemen lain yang bisa diambil untuk kesehatan tubuh adalah B complex untuk mencegah kelelahan pada tubuh.

5. Buah
Anda bisa membawa buah-buahan yang memberikan rasa kenyang dan serat yang tinggi pada tubuh. Saat sahur, Anda bisa makan pisang atau apel untuk memberikan rasa kenyang sementara sebelum menyantap karbohidrat lain. Saat sedang berbuka puasa, Anda juga disarankan untuk makan buah khususnya kurma yang sudah bisa memberikan tambahan energi secara instan.

Jangan abaikan menu sahur dan berbuka puasa saat perjalanan mudik, agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru