oleh

Pilih Jenis Hand Sanitizer yang Sesuai Kebutuhan Anda

Kabar6-Penggunaan hand sanitizer menjadi salah satu alternatif untuk membersihkan tangan dari kuman, bakteri, dan juga virus di tengah pandemi COVID-19 yang mewajibkan Anda untuk selalu menjaga kebersihan.

Hand sanitizer biasanya digunakan saat kita tengah dalam perjalanan dan mengalami keterbatasan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Ada berbagai pilihan hand sanitizer yaitu gel, cair, dan busa. Sebenarnya, mana yang lebih efektif? Melansir Wolipop, berikut penjelasannya:

1. Hand sanitizer gel
Hand sanitizer berbentuk gel lebih banyak dipakai dibanding jenis yang lain. Tapi hand sanitizer yang satu ini butuh waktu lebih lama untuk kering di tangan saat dipakai.

Tekstur yang dihasilkan pun lebih kental dan pada dosis tertentu terasa lengket di tangan. Bagi sebagian orang, hand sanitizer gel lebih mudah menyebar ke seluruh tangan.

2. Hand santizer cair
Berbeda dengan gel, hand sanitizer cair biasanya dikemas dalam bentuk spray. Penggunaannya pun lebih ringkas karena tinggal semprot dan cepat kering saat dipakai di tangan. Bagi sebagian orang yang lain, hand sanitizer cair dirasa lebih bersih saat dipakai.

3. Hand sanitizer busa
Hand sanitizer busa mungkin bagi sebagian orang masih terasa asing atau bahkan belum pernah mencoba menggunakannya sama sekali. Di Indonesia, penggunaan hand sanitizer busa jarang ditemui karena masyarakat di sini lebih sering memakai jenis yang gel ataupun cair.

Kelebihan hand sanitizer jenis ini menempel pada tangan dan tidak mudah meluncur seperti jenis yang gel. Sebagian orang menganggap pembersih tangan jenis ini lebih mudah menyebar pada di seluruh tangan. Tapi sayangnya, harga hand sanitizer busa jauh lebih mahal dibanding dengan jenis yang lain.

Penelitian yang diungkap via Journal of Hospital Infection pada 2017 lalu fokus pada kandungan isopropanol dan etanol pada alkohol yang ada dalam hand sanitizer. Melibatkan sebanyak 20 responden dengan tes Standar Eropa EN 1500.

Hasilnya, tidak ada perbedaan dalam efektifitas membunuh batektri, virus, ataupun kuman pada ketiga jenis hand sanitizer tadi. Perbedaannya terletak pada kandungan etanol yang cenderung bisa lebih cepat kering dibanding isopropanol.

Hand sanitizer jenis gel, cair, dan busa sama-sama efektif untuk dipakai apabila sudah sesuai standar yang berlaku. Hanya perbedaannya ada pada waktu pengeringan saja.

Ketiga jenis pembersih tangan ini punya manfaat yang serupa untuk membunuh kuman, bakteri, ataupun virus. Semua kembali ke pilihan masing-masing yang disesuaikan sama kebutuhan.

Agar pemakaian hand sanitizer bekerja secara efektif, hal yang paling penting adalah dengan membiarkannya tetap basah di tangan selama 15 detik. Jangan mengaplikasikannya banyak-banyak, cukup disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Namun jangan juga terlalu sedikit karena bisa berpengaruh pada hasil pemakaian. ** Baca juga: Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini Saat Memasak

Jadi, pilih jenis hand sanitizer yang sesuai kebutuhan Anda, dan pakai secukupnya saja, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru