oleh

Pilih Buah yang Bantu Kadar Kolesterol Turun

Kabar6-Nyaris semua menu Lebaran mengandung santan, sehingga tidak heran banyak orang yang mengalami kolesterol tinggi usai Idul Fitri. Terlebih bagi mereka yang tidak mengontrol pola makannya.

Padahal, kolesterol tinggi akan menimbulkan berbagai risiko gangguan kesehatan, termasuk yang fatal seperti stroke hingga jantung koroner. Bagaimana solusinya? Melansir beberapa sumber, berikut empat jenis buah penurun kolesterol yang baik dikonsumsi usai menyantap hidangan bersantan:

1. Apel
Buah ini mengandung zat bernama pektin, sejenis serat laut yang dapat melarutkan kolesterol jahat LDL. Pektin bertugas menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya lewat urine atau feses.

2. Jambu biji
Jambu biji atau jambu klutuk mengandung kalium dan serat laut yang dapat melarutkan kolesterol dalam darah. Jambu biji diketahui juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik HDL di dalam tubuh.

3. Alpukat
Alpukat mengandung asam lemak tidak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Selain itu, asam lemak tidak jenuh tersebut juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat secara otomatis. Buah alpukat juga mengandung zat beta-sistosterol yakni sejenis lemak nabati yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap tubuh dari makanan.

4. Jeruk
Jeruk dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Ternyata, vitamin C dalam jeruk mampu mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung serat laut dan senyawa d-limone. Kedua zat dan senyawa ini mampu melarutkan kolesterol di dalam tubuh.

Mudah dan murah, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru