oleh

Pilih Asupan Nutrisi yang Tepat Agar Otot Tetap Kuat Hingga Tua

Kabar6-Salah satu rahasia agar otot tetap kuat di usia yang tidak muda lagi adalah asupan protein yang tepat, dimulai sejak usia muda. Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi protein rutin setiap hari bisa menjadi kunci untuk mempertahankan kekuatan otot di usia tua.

Asupan protein sepanjang hari, melansir Dailymail, dikaitkan dengan kekuatan otot yang lebih besar, baik untuk pria maupun wanita, saat mereka tumbuh dewasa. Saat makan, asupan protein dianggap bisa menggantikan zat yang terus menerus dipecah seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi pada tingkat yang lebih cepat pada orang usia tua.

Menurut para ahli, telur atau satu sendok makan selai kacang tiap makan cukup untuk meningkatkan asupan protein seseorang. Periset dari McGill University di Montreal menganalisis 827 pria dan 914 wanita berusia antara 67 dan 84 selama tiga tahun.

“Poin penting adalah menciptakan tiga kali makan dengan cukup protein untuk merangsang pembentukan otot dan kekuatan yang lebih besar, bukan hanya satu,” jelas Stephanie Chevalier, salah seorang penulis studi.

Lalu berapa banyak protein yang dibutuhkan seseorang? Penelitian sebelumnya mengungkapkan, orang dewasa harus mengonsumsi minimal 0,003 lb (1,2 g) protein per 2,2lb (1 kg) berat badan per hari.

Untuk pria seberat 155 lb (70 kg), itu setara dengan sekira 0,19 lb (85 g) protein sehari. Protein ini mencakup saat sarapan, makan siang dan makan malam. Itu berarti, sekira 0,06 lb (28 g) protein per makanan. ** Baca juga: Ini Alasan Mengapa Saat Bersin & Batuk Harus Menutup Mulut

Apabila seorang wanita memiliki berat badan 59 kg, maka ia membutuhkan protein di bawah 0,06 lb per makanan atau sekira satu butir telur atau satu sendok makan selai kacang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru