oleh

Pilih 8 Makanan yang Tinggi Kolagen

Kabar6-Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya kurang lebih mencapai 30 persen dari seluruh protein yang terdapat di tubuh.

Semakin bertambah usia, kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen akan berkurang. Akibatnya, tekstur kulit kita akan semakin kendur.

Beberapa tahun belakangan, manfaat kolagen digembar-gemborkan dalam berbagai iklan produk perawatan kecantikan untuk menghilangkan keriput.

Namun tahukah Anda, sejumlah makanan pun ternyata mengandung kolagen yang tinggi, lho. Melansir Womantalk, ini dia delapan jenis makanan yang dimaksud:

1. Protein tanpa lemak
“Protein yang kita makan akan dipecah menjadi asam amino, yang kemudian disusun kembali menjadi kolagen. Jadi, isi piring Anda dengan protein tanpa lemak seperti dada ayam,” kata Libby Mills, MS, RDN, LDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

2. Kacang polong
Sayuran biasanya bukan sumber protein tertinggi, kecuali kacang polong yang menawarkan hampir delapan gram protein hanya dalam satu cangkir.

3. Sayuran hijau gelap
Selain kacang polong, sayuran hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan sawi, juga bernutrisi tinggi dan mengandung trifecta yang dapat meningkatkan kolagen di tubuh.

4. Quinoa & chia
Dua biji-bijian ini dikenal sebagai biji-bijian terbaik. Selain lebih sehat, ternyata quinoa dan chia juga kaya nutrisi yang bisa membantu asam amino menjadi kolagen.

5. Paprika
Sifat antioksidan dari vitamin C adalah komponen penting dalam produksi kolagen, seperti yang terdapat dalam paprika merah. Kolagen membantu kulit mempertahankan hidrasi dan elastisitas untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan.

6. Wortel
“Kolagen seharusnya dibuat untuk diproduksi di dalam tubuh sealami mungkin dan vitamin A seperti yang terkandung dalam wortel, berperan dalam hal itu,” kata Libby.

7. Daging sapi
Bukan sembarang daging sapi, menurut Marisa Moore, RDN, ahli gizi diet terdaftar, potongan yang sedikit lebih keras, seperti chuck atau rump roast, akan memberi lebih banyak kolagen alami dalam makanan.

8. Tiram
Makanan ini, baik yang kalengan atau segar, kaya akan tembaga, nutrisi mineral yang berperan dalam produksi kolagen, yang baik untuk kulit, tubuh, dan kuku Anda. ** Baca juga: Ini Alasan Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau

Jaga kulit agar tetap kencang dan awet muda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru