oleh

PIF 2019, Ajang Inovasi Tanpa Batas

Kabar6-Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019 digelar mulai hari ini tanggal 3 Oktober 2019 hingga 6 Oktober 2019 di Graha Widya Bhakti, Area Puspiptek, Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Mengusung tema ‘Innovtions Without Limits’ sebagai tema besar, kemudian dikerucutkan menjadi sub tema yaitu ‘Perempuan Bicara Inovasi dan Perempuan yang Menginspirasi’.

Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ainun Na’im mengatakan, pihaknya dari Kementrian Ristekdikti mendukung dan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan puspiptek khususnya berkaitan dengan pelaksanaan PIF 2019 yang telah berlangsung sebanyak 3 kali.

“Ini adalah yang ketiga, ini merupakan sebagian dari usaha untuk membangun ekosistem inovasi agar lebih banyak inovasi-inovasi di Indonesia untuk mendukung perkembangan ekonomi Indonesia,” ujarnya, Jumat (4/10/2019).

Kepala Puspiptek Sri Setiawati mengatakan, diharapkan agar masyarakat mengenal dan mencari tahu lebih lanjut tentang Puspiptek dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, mendorong antusiasme masyarakat umum, khususnya perempuan dan generasi muda, dalam sains, teknologi, inovasi dan kewirausahaan berbasis teknologi.

“Meningkatkan kontribusi perempuan dan generasi muda dalam pengembangan iptek, dan inovasi,” ungkap Sri.

Sri melanjutkan, juga tentunya agar Puspiptek selaku penyelenggara PIF dapat terus memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat melalui ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi.

“Dan dengan diselenggarakannya PIF juga bertujuan untuk Meningkatkan kapasitas iptek dan inovasi di Puspiptek dan di Indonesia,” tuturnya.

Sri menjelaskan, tujuan selanjutnya adalah mensosialisasikan produk iptek yang dihasilkan oleh berbagai institusi, memperluas jaringan kolaborasi antar lembaga penelitian, universitas, pemerintah, industri dan masyarakat.

“Mengumpulkan ide, berbagi dan bertukar pengalaman atau sudut pandang tentang bagaimana sains, teknologi, dan inovasi dapat berkontribusi pada pembentukan komunitas cerdas dan mendorong generasi muda dan perempuan dalam iptek dan inovasi,” jelasnya.

**Baca juga: Pemkot Tangsel Diklaim Konsisten Tingkatkan Pelayanan Publik.

“Serta untuk mengakomodasi berbagai workshop atau seminar yang berkaitan dengan penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovasi,” imbuhnya.

Dimana Puspiptek juga merupakan, lanjut Sri, salah satu unit kerja di Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang merupakan aset Bangsa yang Dengan 51 intitusi penelitian, pengembangan.

“Dan pengujian teknologi berupa Pusat dan Balai dari 4 LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementrian) yaitu BPPT, LIPI, BATAN, dan BSN yang ada di kawasan Puspiptek yang didukung oleh lebih dari 5000 sumber daya manusia terdidik dan terlatih,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru