oleh

Picu Bising, Warga Cikupa Geruduk Pabrik Baja

Kabar6-Puluhan warga Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, mengeruduk  PT Pandawa Jaya Steel di Jalan Industri Raya A1, No 52, di Kampung Gintung, desa setempat.

Pasalnya, keberadaan pabrik peleburan baja yang baru beroperasi 1 bulan itu memicu kebisingan dan mengakibatkan getaran yang merusak bangunan rumah warga di sekitar pabrik.

Ustad Afib Abidin, tokoh masyarakat setempat mengatakan, keberadaan pabrik baja itu telah memicu keresahan warga akibat suara bising alat berat yang bekerja.

“Pabrik beroperasi dua puluh empat jam nonstop, setiap malam bunyi besi berat jatuh. Ini sangat menganggu kami warga disini,” tukas Ustad Afib.

Terlebih, katanya, keberadaan pabrik tersebut berdempetan langsung dengan rumah pengajian warga sekitar. “Disinikan buat pengajian anak-anak juga. Bagaimana bisa mengaji jika dibarengi dengan suara bising kayak begitu,” ungkap Ustad Afib.

Bahkan, akibat kebisingan tersebut, Ustad Afib terpaksa mengungsikan diri kerumah sanak keluarganya. “Kalau siang kami terpaksa mengungsi. Karena tidak tahan bising yang disebabkan peleburan baja,” ujarnya lagi. **Baca juga: Anggota DPRD Sesalkan U-Turn di Jalan MH Thamrin Cikokol.

Pantauan Kabar6.com, PT Pandawa Jaya Steel telah beroperasi selama 1 bulan tersebut dibangun diatas lahan seluas 1,5 Hektare. Warga menduga, pabrik telah melanggar perijinan, mengingat awalnya ijin lingkungan pabrik itu hanyalah untuk gudang.

Sayangnya, hingga warga membubarkan diri, tidak satupun dari pihak pabrik yang memberikan keterangan kepada wartawan.(agm)

 

Berita Terbaru