oleh

Pico Cão Grande Jadi Gunung Paling ‘Langsing’ di Dunia

Pico Cão Grande dilihat dari kejauhan.(ritebook.in)
Pico Cão Grande dilihat dari kejauhan.(ritebook.in)

Kabar6-Gunung merupakan bagian dari permukaan Bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit.

Nah, di Afrika ada sebuah struktur unik menjulang yang disebut Pico Cão Grande, sebuah gunung yang bentuknya tinggi seperti menara. Dilansir Apa Kabar Dunia, Pico Cão Grande menjadi gunung unik karena kecuramannya di atas 80 derajat. Gunung ini tidak memiliki kemiringan dalam ketinggiannya hingga disebut needle-shaped mountain.

Pico 'mengintip' di antara pepohonan.(Amusing Planet)
Pico ‘mengintip’ di antara pepohonan.(Amusing Planet)

Gunung ini adalah ‘plug vulkanik’ di Bumi. Pico Cão Grande terletak di Republik Demokratik Sao Tome dan Principe, yakni negara pulau yang berbahasa Portugis terletak di Teluk Guinea, lepas pantai barat khatulistiwa Afrika Tengah. Kira-kira 225 kilometer lepas pantai barat laut Gabon.

Negara ini hanya terdiri  dari dua pulau, yaitu São Tomé dan Príncipe, terpisah sekira 140 kilometer (87 mil). Kedua pulau ini adalah bagian dari rangkaian pegunungan yang tidak aktif.

São Tomé, pulau selatan yang cukup besar, terletak tepat di utara khatulistiwa. Diberi nama tersebut untuk menghormati Santo Thomas dengan penjelajah Portugis yang tiba di pulau itu pada hari perayaannya.

Di pulau ini terdapat sebuah daerah kecil di bagian selatan yang dijadikan Daerah Taman Nasional. Daerah dilindungi tersebut  memiliki banyak banyak satwa dan tumbuhan langka. Nah, di dalam taman nasional inilah Pico Cão Grande berada. ** Baca juga: Anti Mainstream, Jelajahi 4 Tempat Wisata Ekstrem

Gunung yang unik, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru