oleh

Petugas Damkar Terpaksa Jebol Kaca Sebuah Mobil Karena Parkir di Depan Hidran

Kabar6-Seorang petugas pemadam kebakaran (damkar) di California, Amerika Serikat, membobol kaca jendala sebuah mobil yang terparkir tepat di samping hidran, alat yang dilengkapi dengan selang air (fire hose) dan mulut pancar (nozzle), untuk mengalirkan air bertekanan yang digunakan dalam keperluan pemadaman kebakaran.

Hal itu harus dilakukan karena pemilik mobil tidak berada di tempat, sementara petugas damkar berpacu dengan waktu untuk memadamkan api dalam sebuah musibah kebakaran.

Dalam sebuah foto yang diunggah akun Twitter Anaheim Fire & Rescue, melansir abcnews, tampak kaca bagian belakang sebuah mobil Nissan Altima terpaksa dipecahkan karena parkir tepat di depan hidran. Kebetulan, di area dekat hidran tersebut sedang ada kebakaran dan petugas damkar membutuhkan hidran untuk menyalurkan air agar memadamkan kebakaran.

Rupanya, tindakan dari petugas damkar ini menimbulkan pro dan kontra. Sebagian membenarkan tindakan tersebut, sementara lainnya menganggap bahwa merusak mobil orang lain adalah tindakan berlebihan. Menurut netizen, seharusnya petugas mencari cara lain tanpa merusak mobil tadi.

Karena itulah, pihak Anaheim Fire & Rescue lantas menjelaskan alasan mereka merusak kaca mobil. Ketika petugas memasang selang air ke hidran, maka posisi selang harus lurus agar mendapatkan tekanan air maksimum.

Apabila selang air dilewatkan ke atas mobil, maka air yang keluar tidak maksimal. Sementara kalau lewat bawah, selang akan tergencet.

Jadi, satu-satunya cara memastikan selang lurus adalah dengan melewati bagian dalam mobil tersebut. ** Baca juga: Akibat Percaya Mitos, Pria di Tiongkok Potong Jarinya Setelah Digigit Ular

Petugas juga mengingatkan bahwa ada aturan yang menjelaskan bahwa wilayah di sekitar hidran adalah area steril dan tidak boleh ada kendaraan parir di dekatnya.

Bagaimana menurut Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru