oleh

Petani Ikan Mulai Mengais Rejeki di Situ Gintung

Kabar6-Musibah jebolnya tanggul Situ Gintung di Cirendue, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), sempat membuat puluhan petani budidaya ikan air tawar kehilangan mata pencarian.

Kini para petani ikan air tawar sudah bisa sumringah karena bisa kembali mengais rejeki atas bantuan dari pemerintah.

“Di sini sekarang ada 200 petani ikan air tawar yang memanfaatkan peluang budidaya ikan air tawar,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, Nurdin Marzuki, kepada kabar6.com di sela-sela perayaan Festival Situ Gintung dan Pesta Rakyat, Minggu (25/11/2012).

Nurdin menjelaskan, keberadaan para petani yang memanfaatkan lahan konservasi air ini telah mengantongi perizinan dari Gubernur Banten.

Bahkan  bantun dari program pemerintah pusat seperti Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Bantuan berupa peralatan dan metode budidaya ikan mereka peroleh agar bisa kembali mengais rejeki setelah sebelumnya sempat menganggur akibat bencana yang menewaskan hampir 100 warga sekitar.

“200 orang petani di sini sekarang sudah jadi anggota koperasi simpan-pinjam dan menjadi binaan kami,” terang Nurdin.

Mantan Kepala Dishubkominfo setempat ini menambahkan, beberapa ikan air tawar yang dipelihara para petani diantaranya lele, mas, gurame, nila dan lain sebagainya.

Para petani ini sengaja diberikan pengarahan dan pinjaman modal usaha agar tidak terjerat oleh rentenir.

“Setelah jebol (tanggul) mata pencarian mati. Makanya perlu dukungan dan arahan dari pemerintah daerah. Salah satunya ya kita jadikan UKM binaan melalui koperasi,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru