oleh

Petani di Bayah Lebak Dapat Bantuan 1,5 Ton Benih Padi

Kabar6-Kelompok tani di Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, mendapat bantuan benih padi varietas Ciherang sebanyak 1,5 ton dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Bantuan diberikan, mengingat, Desa Bayah Timur memiliki area pertanian yang cukup luas dengan rincian area persawahan seluas 25 hektare dan area ladang seluas 35 hektare.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten, Agus M. Tauchid, berharap, bantuan benih padi bisa dimanfaatkan para petani.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk petani. Ini bentuk kepedulian gubernur dan wakil gubernur dalam memajukan sektor pertanian,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

Untuk mewujudkan ketahanan pangan, Pemprov Banten, ujar Agus, bakal lebih maksimal dalam memfasilitasi para petani.

Bantuan benih padi diprioritaskan untuk kelompok tani dari keluarga pra sejahtera. Dengan harapan, benih padi dapat dimanfaatkan secara maksimal para petani sehingga dapat meningatkan produksi pangan.

Kepala Desa Bayah Timur, Agus Iyep Iswahyudi, mengatakan, sebagian besar warga mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian.

“Ada ratusan petani yang mendapat bantuan benih padi dari Pemprov Banten. Mudah-mudahan ini dapat menunjang hasil panen yang baik,” harapnya.

Diakui Agus, pandemi Covid-19 tidak hanya menjadi ujian kesehatan dan ekonomi saja, namun juga masalah pangan keluarga. Bantuan benih diharapkan mampu mendorong peran kelompok tani untuk memperkuat ketahanan pangan Nasional, khususnya di Kecamatan Bayah.

**Baca juga: Mundur sebagai Plt Ketua DPRD Lebak, Ucuy Mashuri: Demi Kondusifitas dan Hormati Proses BK.

“Kita sama-sama tahu, bahwa pandemi tidak hanya menyerang pada sektor pertanian, melainkan pada pangan keluarga juga. Dengan bantuan ini, mudah-mudahan kebutuhan pangan di Bayah dapat tercukupi. Kita membangun dari desa untuk Indonesia,” tuturnya.(Nda)

Berita Terbaru