oleh

Perut Kosong, Boleh Konsumsi Kopi?

Kabar6-Selain dapat menstimulasi tubuh tetap segar, kafein dalam kopi dapat meningkatkan suasana hati, fungsi otak, dan kinerja olahraga. Kopi juga kerap dipakai sebagai salah satu minuman untuk menurunkan berat badan. Tentu saja dengan komposisi dan petunjuk sesuai saran ahli.

Kebanyakan orang lebih suka minum kopi di pagi hari. Pertanyaannya, bolehkan minum kopi dalam kondisi perut kosong? Kopi ditengarai dapat mengiritasi perut, memperburuk gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), dan menyebabkan mulas, mual, refluks asam, dan gangguan pencernaan.

Tak heran, banyak yang mengatakan bahwa minum secangkir kopi saat perut kosong sangat berbahaya karena tidak ada makanan lain untuk mencegah asam merusak lambung. Benarkah demikian?

Sebuah penelitian, melansir Healthline, menemukan bahwa tidak semua orang merespons hal yang sama jika minum kopi dalam kondisi perut kosong. Jika seseorang sensitif terhadap kopi, maka minum kopi dalam kondisi perut kosong atau setelah makan sekalipun tetap akan meresponsnya dengan berbagai gangguan seperti mulas atau muntah. Dengan demikian, sangat penting untuk memperhatikan bagaimana tubuh meresponsnya.

Argumen umum lainnya adalah, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan kadar hormon stres kortisol. Faktanya, kortisol diproduksi oleh kelenjar adrenalin yang membantu mengatur metabolisme, tekanan darah, dan kadar gula darah. Kadar kortisol secara alami memuncak di sekitar waktu bangun pagi hingga tubuh pun merasa segar. ** Baca juga: Cara Mudah Detoksifikasi Sendiri

Namun kadar kortisol kortisol dalam tubuh akan menurun terus sepanjang hari, dan memuncak lagi selama fase awal tidur. Karena itulah, minum kopi di pagi hari dianggap tidak begitu efektif untuk meningkatkan stamina tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru