oleh

Perusahaan Alat Makan di India Ciptakan Sendok & Garpu yang Bisa Dimakan untuk Kurangi Limbah Plastik

Kabar6-Founder and Directing Manager Bakey, Narayana Peesapaty, perusahaan alat makan di India, menciptakan garpu dan sendok yang bisa dimakan, terbuat dari tepung millet, beras dan gandum.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi limbah plastik yang jumlahnya terus meningkat. Alat sekaligus makanan ini, melansir theguardian, pertama kali diciptakan pada 2010 lalu. Peesapaty merupakan salah satu dari beberapa perusahaan yang membuat alat makan ini. Peepaty dijelaskan tidak menggunakan air yang banyak untuk membuat alat ini, karena sumber daya air bisa habis sewaktu-waktu.

Sebagian besar alat dibuat dari millet, biji-bijian Afrika kuno yang dirasa cocok untuk daerah semi kering.

Alat makan ini memiliki tiga rasa yang berbeda yaitu original, manis serta pedas. Dan bisa disimpan selama tiga tahun.

Uniknya, Anda tidak harus memakan alat ini jika ingin membuangnya, karena dalam empat hingga lima hari alat ini akan terurai dengan sendirinya.

Selain millet, masih ada bahan lain yang juga dijadikan alat makan. Perusahaan Amerika seperti Bocado Handcrafted Product juga membuat sendok yang bisa dimakan.

Ada pula Edible Spoon Maker (EDM) dan Wilton, menjual besi dan cetakan. Di mana konsumen bisa membuat sendiri sendok di rumah. ** Baca juga: Seperti Pinokio, Wedders Disebut Sebagai Orang dengan Hidung Terpanjang di Dunia

Bakey sendiri hanya terdapat di India. Mereka mempunyai ratusan pelanggan internasional, dan menjual 2,5 juta sendok ke perusahaan katering di India tahun lalu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru