oleh

Pertamina Masih Ambigu Atur Pembatasan BBM Subsidi

Kabar6-Pertamina menyiapkan 1300 lebih lokasi-lokasi pendaftaran untuk masyarakat bisa daftar sebagai pengguna bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Pendaftaran bisa juga melalui situs subsiditepatmypertamina.id.

“Prinsipnya ini kan BBM bersubsidi. Kita perlu tahu ini apa alokasinya atau dipakai oleh siapa saja. Sehingga memang pendataan ini perlu,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Tirto Ginting, Kamis (1/9/2022) malam.

Menurutnya, soal pembatasan kembali ke aturan Perpres 191 Tahun 2014 sudah ditentukan untuk solar. Saat ini memang dalam tahapan penyusunan revisi aturan bagi penggunaan BBM subsidi.

Tirto mengakui semua pihak masih menunggu aturan yang jelas. Sehingga nanti akan ada kriteria-kriteria tertentu yang akan ditentukan oleh pemerintah dan mungkin masih BPH Migas juga nanti akan mengatur lebih lanjut.

“Pertamina sebagai operator tentunya akan melaksanakan sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh pihak regulator,” ujarnya.

**Baca juga: Gejolak Harga, Pertamina Sebut Stok BBM Nasional Cukup

Salah satu pembatasan dengan ‘MyPertamina’ gimana, apakah masih tahapan ujicoba?. Tirto bilang, untuk pendaftaran dan sosialisasi masih berjalan. Saat inipun Pertamina sedang melakukan ujicoba sistem menggunakan QR kode.

“Tapi seluruh masyarakat yang masih ingin membeli BBM subsidi masih terbuka meskipun belum mempunyai QR code,” tambahnya.(yud)