oleh

Pertama di Dunia, Supermarket WeFood di Denmark Khusus Jual Barang-barang Kedaluwarsa

Kabar6-Setiap pembeli tentu saja akan memilih produk makanan atau minuman yang segar alias tidak basi. Karena itulah para pemilik toko atau supermarket akan selalu mengawasi sekaligus mengontrol produk-produk yang dijual agar tidak melewati tanggal kedaluwarsa.

Namun sebuah supermarket di kota Kopenhagen, Denmark, justru melakukan hal sebaliknya. WeFood, melansir inhabitat, adalah supermarket pertama di dunia yang khusus menjual makanan kedaluwarsa. Tak hanya makanan, supermarket ini juga menyediakan kosmetik dan barang-barang kebutuhan rumah tangga yang sudah rusak.

Hal yang unik, WeFood diresmikan oleh pemerintah setempat, dan dihadiri oleh perwakilan pemerintah Denmark, Putrie Marie, serta Menteri Pangan dan Lingkungan.

WeFood dibuka oleh pemerintah setempat dengan tujuan memerangi masalah pemborosan makanan. Harganya tergolong murah yaitu 30 persen hingga 50 persen dari harga normal.

Supermarket unik ini sendiri merupakan proyek antara The Food Bank dan badan agama Dan Chrunch Aid. Para pejabat setempat menjelaskan, WeFood telah berkontribusi dalam menurunkan pemborosan makanan sebesar 25 persen.

Menurut USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), ternyata tak ada makanan yang wajib untuk diberi label tanggal kedaluwarsa, kecuali makanan untuk bayi.

Masa kedaluwarsa wajib dicantumkan sebagai salah satu manfaat bagi konsumen agar tidak kebablasan. ** Baca juga: Ngeri, Ada Janin Bergigi dan Memiliki Rambut dalam Perut Pria India Ini

Selain itu, banyak pula makanan yang meski lewat tanggal kedaluwarsa, tetap layak konsumsi seperti sereal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru