oleh

Pernah Disidak, Buruh PT STD Geruduk Kantor DPRD Tangerang

Buruh PT STD menggeruduk DPRD Tangerang.(tia)

Kabar6-Puluhan buruh dalam Serikat Buruh Bangkit (SBB) berunjukrasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Selasa (24/1/2017).

Dalam aksinya, mereka menuntut DPRD Kota Tangerang melindungi hak mereka sebagai buruh di perusahaan penghasil tinta percetakan, yaitu PT Singa Terbang Dunia (STD). Para buruh menilai, selama ini hak mereka diabaikan oleh pihak perusahaan.

“Kami sudah lelah bekerja dengan upah di bawah UMK Kota Tangerang, hanya Rp2,2 juta per bulan. Bahkan PT STD telah melanggar aturan keselamatan dan kesehatan kerja, karena banyak pekerja yang mengeluh sesak nafas akibat menghirup bahan kimia,” ujar Koordinator Lapangan SBB, Siti Nurrofiqoh kepada kabar6.com.

Sejak awal 2016, SBB telah mengajukan keluhannya kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang dan Komisi II DPRD Kota Tangerang.

“Pada 25 Juli 2016, Komisi II sudah melakukan sidak di PT STD. Namun, proses sidak tersebut tidak berjalan sesuai standar yang ada karena mereka (Komisi II) hanya berbincang dengan direksi perusahaan, tidak menemui para buruh yang sedang bekerja ataupun melihat keadaan perusahaan lebih dalam,” keluhnya.**Baca juga: Kepala Daerah Se-Banten Rapat Anti Korupsi dengan KPK.

Setelah melakukan sidak, Komisi II mengeluarkan surat yang berisi bahwa pihak PT STD tidak memiliki permasalahan apapun dengan para buruh dan Dinas Tenaga Kerja.**Baca juga: Pemkot Tangerang Incar Investor Pengalaman Garap Proyek PLTSa.

“Padahal, dari pihak perusahaan sama sekali tidak melakukan pembahasan apapun dengan para buruh dan gaji kami pun tidak naik. Kami merasa diabaikan oleh komisi II DPRD Kota Tangerang. Kami akan terus melakukan aksi ini sampai perusahaan memenuhi hak-hak kami,” tegasnya.(tia)

Berita Terbaru