oleh

Perlukah Gosok Gigi Usai Bangun Tidur?

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang langsung menggosok gigi sesaat setelah bangun tidur di pagi hari? Bagi kebanyakan orang, mengosok gigi dianggap sangat penting dan menjadi ritual yang wajib dilakukan, karena saat bangun tidur mulut biasanya berbau kurang sedap.

Ternyata para ilmuan tidak setuju dengan kebiasaan tersebut. Dilansir Thoibao Today, para ilmuan berpikir bahwa saat menggosok gigi dan langsung sarapan, Anda secara tidak sengaja akan merusak pelindung gigi dari pasta gigi dan juga akan membuat pelindung gigi ini ikut ke pencernaan bersama makanan yang dimakan.

Dalam jangka panjang kebiasaan ini akan mempengaruhi usus. Belum lagi, jika Anda telah menyelesaikan sarapan, sisa makanan yang menempel pada gigi akan membentuk plak dan pembusukan di gigi yang akan berakhir pada kerusakan gigi.

Karena itulah dokter gigi menyarankan setelah bangun tidur, Anda membilas mulut dengan air asin atau pembilasan mulut khusus tanpa alkohol dan sikat gigi 30 menit setelah Anda selesai sarapan.

Selain itu, cara yang lebih baik adalah dengan meminum segelas air hangat tepat setelah bangun, untuk menjaga kesehatan mulut. Diketahui, setelah bangun pagi, mulut mengeluarkan enzim baik, karena saat tidur rongga mulut menghasilkan bakteri menguntungkan yang membantu membersihkan bakteri jahat dan membersihkan perut. ** Baca juga: Siloam Hospitals Group Bagikan Anti Kuman ke Seluruh Pasien

Konsumsi air putih setelah bangun juga membawa banyak manfaat seperti mendukung kesehatan pencernaan, serta penyaringan lambung untuk membantu tubuh lebih mudah menyerap nutrisi makanan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru