oleh

Perluasan TPA Cipeucang Terganjal Pembebasan Lahan

Kabar6-Perintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih terus berupaya melakukan pendekatan kepada warga, guna membebaskan lahan untuk perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, di Kecamatan Setu.

Hingga kini, rencana perluasan TPA Cipeucang dari 5,2 hektar hingga menjadi 10 hektar tersebut, masih terganjal peliknya proses pembebasan lahan.

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel, Yepi Suherman mengatakan, banyak kendala yang harus dihadapi dalam proses perluasan TPA Cipeucang.

Salah satunya adalah, pembebasan lahan yang tersendat karna ada sebagian warga yang tidak mau menjual lahannya, meski tawaran harga yang diberikan cukup tinggi.

“Menghadapi hal tersebut, kita terus melakukan pendekatan dengan warga dan musyawarah dalam upaya pembebasan lahan,” ujar Yepi, Jumat (6/6/2014).

Menurut Yepi, perluasan tersebut dilakukan lantaran lahan TPA saat ini, sudah tidak mampu lagi menampung volume sampah yang sudah mencapai 120 ton perharinya. **Baca juga: BLHD Tangsel Gagal Emban Misi Raih Adipura.

“Sejumlah upaya juga terus kami dilakukan, seperti menyiapkan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu – Reduce Recycle Reuse (TPST-3R) dan mengajak masyarakat membentuk Bank Sampah,” ungkap Yepi.(way)