oleh

Perlebaran Tol Tangerang-Merak Rp 400 Miliar

Kabar6-PT Marga Mandala Sakti (MMS) melaksanakan pelebaran di ruas Tol Tangerang-Merak, menjadi 4 lajur sepanjang 7,5 kilometer pada masing-masing jalur.

Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan MMS untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut mencapai Rp 400 miliar.

“Total 15 kilometer jalur Tangerang-Merak dan sebaliknya yang kami lebarkan,” kata Sunarto Sastrowiyoto, Direktur Operasi MMS di Serang seperti dikutip Antara, Rabu (9/10/2013).

Diungkapkan Sunarto, pekerjaan peningkatan jalan menjadi empat lajur dilakukan dengan mengambil lahan di median tengah dan luar jalan tol. Yakni mulai dari ruas gerbang Tol Cikupa hingga Balaraja Timur.

MMS menggunakan konstruksi beton serta timbunan tanah yang diperkeras pada bagian bawahnya, sekaligus melaksanakan pekerjaan dua jembatan, yang seluruhnya ditargetkan rampung pada Maret 2014.

Dalam pelaksanaannya, MMS menunjuk tiga perusahaan kontruksi, yakni PT Jaya Konstruksi, PT Adhi Karya, dan PT Pembangunan Perumahan.

Sesuai rencana bisnis Tol Tangerang-Merak, pelaksanaan pekerjaan pelebaran jalan sedianya baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang. Namun, pertumbuhan lalulintas mendorong MMS untuk mempercepat pekerjaan pada tahun ini.

“Saat ini, lalulintas harian rata-rata Tol Tangerang-Merak mencapai 35.000 atau sudah mendekati kapasitas minimal. Jadi, kalau pekerjaan pelebaran ditunda akan memperparah kondisi lalulintas,” kata Sunarto.

Pekerjaan pelebaran jalan, tutur Sunarto, akan dilanjutkan pada Maret 2014, yakni dari Balaraja Timur sampai Ciujung, sekaligus pekerjaan meninggikan ruas jalan untuk menghindari banjir yang kerap terjadi.(jus)

Berita Terbaru