oleh

Peringati Maulid Nabi, DKM Masjid Al-Muhajirin Gelar Donor Darah dan Bazar

Kabar6-Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhajirin menggelar kegiatan donor darah di Masjid Al-Muhajirin, RW 03 Kelurahan Cibodas Sari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Selasa (20/11/2018).

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhajirin, Udin Syarifudin mengatakan, dari kegiatan donor darah diharapkan 75 kantong darah bisa disumbang untuk menambah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

“Kami pilih donor darah sebagai salah satu rangkaian kegiatan Maulid Nabi karena selain menyehatkan tubuh dan bagian dari ibadah,” ujar Syarifudin.

Ada 16 lapak yang disiapkan panitia di saming masjid bagi masyarakat untuk menjajakan dagangannya di bazar tersebut.

“Puncak kegiatannya nanti tanggal 1 Desember. Ada tausiah juga dari Ustaz Kholis Basuno. Harapan kami, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi warga sekaligus dalam rangka memakmurkan masjid,” tuturnya.

Bagian Pelayanan Donor Darah PMI Kota Tangerang, Sarah Okta Nindya mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan DKM Al-Muhajirin.

“Senang sekali melihat antusias masyarakat, kami sangat mengapresiasi, ini sekaligus memenuhi kebutuhan darah,” katanya.

Dari jumlah stok kantong darah sekitar 3.000 kantong di PMI Kota Tangerang, golongan darah O paling mendominasi.

“Stok kita cukup ya, enggak pernah kekurangan,” ujarnya.

Sarah menerangkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi masyarakat yang ingin menjadi pendonor.

“Usia minimal 17 tahun, berat minimal 45 kg dan dalam tiga hari terakhir tidak mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik dan obat pengencer darah. Lalu tensi minimal 100/70, maksimal 150/90. Kemudian untuk Hb nya minimal 12,5 dan maksimal 17,0,” beber Sarah.

Sarah mengatakan, ada banyak manfaat bagi orang yang rutin mendonorkan darahnya.**Baca juga: Ini Sajian Menu Hotel Santika Premiere Bintaro Sepanjang November.

“Manfaat (berdonor), darah terus diperbaharui, mengurangi risiko pengumpalan darah, mencegah stroke, meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru