oleh

Perhatikan Sejumlah Hal Penting Saat Anda Berlibur di Masa Pandemi

Kabar6-Meskipun masih berada dalam masa pandemi, tidak sedikit orang yang memutuskan berlibur melepas penat dengan jalan-jalan ke luar rumah, bahkan ke tempat-tempat pariwisata di luar kota.

Apabila Anda dan keluarga memang berencana mengisi liburan ke luar rumah, melansir Femina, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat. Apa sajakah itu?

1. Tubuh dalam kondisi sehat
Sebelum memutuskan untuk bepergian, pastikan tubuh kita dalam kondisi sehat dan fit. Jika tubuh dalam kondisi kurang sehat maka akan rentan terserang penyakit.

Untuk menjaga tubuh dalam kondisi sehat, konsumsi makanan bergizi dengan porsi tepat. Istirahat cukup dan tidur berkualitas setidaknya delapan jam.

Jangan lupa olah raga minimal 20 menit setiap hari. Pastikan cairan dalam tubuh cukup dengan minum air sesuai kebutuhan. Bawalah air minum saat bepergian.

Menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan sebelum bepergian. Saat liburan, kesehatan dan stamina juga harus tetap dijaga agar tidak sakit saat pulang ke rumah.

2. Disiplin menerapkan protokol kesehatan
Hal yang terpenting adalah melaksanakan 3M yaitu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Untuk memasktikannya, bawalah selalu hygiene kit atau tas kecil yang berisi masker cadangan, hand sanitizer, sabun cair, tisu basah dan kering. Jika perlu, bawa peralatan makan sendiri.

3. Pilih moda transportasi dan penginapan yang menerapkan protokol kesehatan
Bagi Anda yang akan bepergian menggunakan transportasi umum, sebaiknya memilih moda transportasi yang ketat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti maskapai penerbangan dan kereta.

Jangan lupa menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti dokumen hasil rapid test yang biasanya diminta oleh beberapa maskapai penerbangan.

Jika menggunakan bus, maka perhatikan aturan yang diterapkan oleh perusahaan bus tersebut, pastikan higienitasnya, pembatasan penumpang dan aturan jarak. Beli tiket sebelum hari keberangkatan dengan cara online untuk menghidari kerumunan yang terjadi bila membeli tiket secara langsung.

Begitu juga saat memutuskan untuk menginap. Pilih penginapan yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

4. Pilih lokasi wisata yang tidak berisiko tinggi
Sebelum memutuskan untuk pergi ke tempat wisata sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kondisi tempat wisata tersebut. Disarankan, lokasi tempat wisata tidak berada dalam zona yang berisiko tinggi.

Sebaiknya pilih lokasi wisata outdoor yang terbuka dengan risiko penularan yang lebih rendah dibanding indoor. Perhatikan juga jam operasional serta aturan pengunjung.

Biasanya ada tempat wisata yang melarang anak kecil dan orang lanjut usia yang rentan terhadap penularan COVID-19. Beli tiket secara online, dan lakukan pembayaran cashless saat di lokasi wisata.

Agar lebih sehat, saat berkunjung ke kebun binatang atau piknik, bawalah makanan sendiri dari rumah untuk memastikan kebersihan makanan yang Anda konsumsi.

5. Solo traveling atau hanya bersama orang rumah
Solo traveling bisa Anda lakukan untuk menghindari keramaian dan meminimalisir kontak fisik. Namun, jika Anda bukan tipe solo traveller, usahakan hanya bepergian bersama orang-orang yang tinggal serumah dengan Anda agar lebih aman.

6. Mengisolasi diri saat pulang
Setelah bepargian, isolasi mandiri selama 14 hari atau sampai ada kepastian Anda tidak menjadi carrier. Jika tidak ingin melakukan isolasi, lakukan rapid test antigen.

Jika reaktif, lanjutkan dengan tes PCR. Yakinkan Anda ‘bersih’ untuk kesehatan keluarga dan orang-orang di sekeliling Anda. ** Baca juga: Kulit Segar Jauh dari Keriput dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat

Selamat berlibur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru