Perhatikan Hal Ini Agar Aki Motor Jadi Awet

kabar6.com
Ilustrasi.(Ist)

Kabar6-Sebagian besar aki pada sepeda motor menggunakan aki kering atau Maintenance Free (MF) Battery yang dikenal juga sebagai Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA).

Dilihat dari fungsinya, aki sebagai penyuplai listrik sempurna ke semua bagian kendaraan. Namun, bagaimana cara merawatnya agar tahan lama?

Pengelola Raihan Jaya Motor, Basit menjelaskan, aki motor harus dirawat dengan baik agar tetap bisa menghasilkan tenaga listrik dan mensuplainya ke seluruh komponen motor dengan baik dan sempurna.

Melakukan ‘pemanasan’ mesin motor di pagi hari sangat disarankan dengan menggunakan kick starter (engkol) agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan stabil.

“Panaskan mesin motor selama dua hingga lima menit setiap hari untuk membuat sistem kelistrikan stabil,” kata Basit di Raihan Jaya Motor, Lengkon Kulon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu (15/4/2018).

Kabel pada terminal aki juga harus tetap diperhatikan agar terjaga kebersihannya dan selalu dalam keadaan tertutup rapat.

“Jika kabel terminal aki dalam keadaan terlalu lembab dapat menyebabkan terjadinya korsleting aliran listrik,” jelasnya.

Perhatikan juga kondisi kiprok kendaraan apakah masih berfungsi dengan baik, karena komponen satu ini merupakan salah satu komponen vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua bagian kendaraan.

“Selain itu, goncangan atau benturan akibat lubang atau jalan rusak dapat merusak sel-sel komponen aki jika terlalu sering,” paparnya.**Baca Juga: Ini Tips Dalam Memilih Brankas Berkualitas.

Bila Anda ribet untuk melakukan sendiri perawatan aki kendaraan, silahkan periksakan dan rawat aki dan kondisi kendaraan di bengkel resmi dan terpercaya yang terdekat dari lokasi Anda. Kondisi motor oke, aktivitas pun jadi lancar.(fit)