Perhatikan Beberapa Bagian Tubuh yang Jadi Tempat Bakteri & Kuman

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh adalah sesuatu yang harus benar-benar diperhatikan, agar terhindar dari berbagai risiko penyakit. Di sisi lain, meskipun kita sudah menjaga kesehatan dan kebersihan, bakteri dan kuman tetap selalu ada dalam tubuh.

Tahukah Anda, beberapa bagian tubuh yang tampanya terlihat bersih ternyata bisa menjadi tempat bersarangnya berbagai bakteri. Para ahli, dilansir Vemale, mengungkapkan jika sedikitnya ada 615 jenis bakteri dan kuman yang bersarang di beberapa anggota tubuh. Bagian tubuh mana saja yang menjadi tempat bersarang bakteri dan kuman?

1. Mulut
Mulut sebagai tempat awal masuknya segala makanan dan minuman, sehingga tidak heran apabila bagian tubuh yang satu ini menjadi tempat terbaik untuk bakteri juga kuman bersarang hingga berkembang biak. Para ahli mengungkapkan, ada lebih 600 bakteri yang bisa bersarang di mulut juga gigi.

2. Telinga
Kotoran yang ada dalam telinga mengandung banyak bakteri dan kuman, bahkan akan bertambah semakin banyak dan tidak terkontrol jika Anda sering memakai hands free, earphone atau sejenisnya, sementara di sisi lain jarang membersihkan telinga.

3. Kuku
Kuku bisa menjadi tempat bersarang ratusan hingga ribuan jenis bakteri. Jadi bersihkan dan potong kuku secara berkala. Selain kuku, jari tangan juga bisa menjadi tempat bersarang dan berlindung bermacam-macam bakteri maupun kuman.

4. Rambut
Saat kulit kepala gatal, lepek dan tidak nyaman, bisa saja karena ada banyak kuman dan bakteri yang sedang bersarang. Belum lagi, ditambah adanya keringat pada kulit kepala yang juga membawa bakteri serta kuman.

5. Hidung
Sebagai saluran pernapasan paling utama dan menjadi tempat keluar masuknya oksigen ke dalam tubuh, hidung juga menjadi anggota tubuh paling disukai oleh bakteri dan kuman untuk bersarang. Selain rutin membersihkan kotoran hidung, penting juga memakai masker jika sedang berada di tempat yang penuh polusi. ** Baca juga: Bakteri dalam Makanan yang Harus Diwaspadai

Yuk, jaga kesehatan tubuh agar dapat meminimalisir berkembangnya bakteri dan kuman.(ilj/bbs)