oleh

Perhatikan 5 ‘Jam Kritis’ di Mana Orang Makan Lebih Banyak dari Biasanya

Kabar6-Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan berat badan seseorang. Hal yang mungkin belum Anda ketahui, selain porsi makan, ternyata jam makan juga berpengaruh, lho.

Ya, ada jam-jam tertentu yang membuat orang cenderung untuk makan lebih banyak, hingga berat badan pun menjadi tak terkendali. Melansir Menshealth, ini ‘jam-jam kritis’ di mana orang memiliki keinginan mengonsumsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan:

1. Pukul 08.00
Beberapa orang menganggap sarapan hanya dengan segelas susu atau satu buah pisang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi.

Padahal, saat pagi hari otak lebih banyak membutuhkan energi untuk berpikir sehingga tubuh perlu asupan karbohidrat yang cukup agar bisa fokus sampai jam makan siang.

Seorang ahli gizi asal Amerika Serikat bernama Alexandra Caspero mengatakan, roti gandum dengan isi telur cukup untuk memenuhi kebutuhan energi hingga makan siang. Terlebih karena gandum merupakan karbohidrat kompleks, maka sarapan akan membuat perut tidak cepat lapar.

2. Pukul 10.00
Menjelang tengah hari otak, mulai kekurangan energi. Saat itu banyak orang berpikir untuk minum kopi. Padahal kelebihan kafein berisiko menyebabkan peningkatan kada gula darah secara drastis, lalu turun secara tiba-tiba sehingga menjadi cepat lapar. Solusinya, batasi konsumsi kafein agar jangan berlebihan, cukup antara 1-2 cangkir kopi saja.

3. Pukul 12.30
Pada waktu tersebut perut mulai terasa lapar sehingga otak tidak mampu berpikir jernih, bahkan sekadar untuk memilih menu makanan yang sehat. Kecenderungannya adalah mencari makanan yang sesegera mungkin bisa memuaskan rasa lapar, meski ternyata membuat perut cepat lapar lagi.

Solusinya, bawa bekal dari rumah yang disiapkan pada pagi hari ketika otak masih bisa berpikir jernih untuk memilih nutrisi dan jenis karbohidrat yang sehat.

4. Pukul 15.30
Lapar dan kelelahan adalah musuh utama sebagian orang pada jam-jam antara makan siang hingga sore hari. Beberapa orang menyiasatinya dengan camilan, namun tidak semuanya sehat karena kebanyakan hanya mengandung gula, yang efeknya dalam mengganjal rasa lapar namun tidak bertahan lama.

Solusinya, makanan ringan dengan kandungan protein yang tinggi lebih cocok untuk dikonsumsi pada saat-saat tanggung seperti itu. ** Baca juga: 6 Cara untuk Jaga Kesehatan Mata dari Sinar Gadget

5. Pukul 20.00
Kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang di malam hari adalah mengemil sambil nonton televisi. Apabila tidak ingin berat badan melonjak, hentikan kebiasaan ini atau paling tidak gantilah camilan tidak sehat dengan berondong jagung (popcorn) yang dimasak tanpa minyak atau mentega.

Jaga pola makan sehat agar berat badan tetap stabil dan tubuh jadi fit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru