oleh

Perfect Day, Produksi Susu Tanpa Sapi

Perfect Day, susu sintesis.(Odditycentral)
Perfect Day, susu sintesis.(Odditycentral)

Kabar6-Biasanya susu identik dengan sapi. Namun susu yang satu ini sedikit berbeda karena diproduksi tanpa sapi. Ya, susu ini ditemukan oleh Perfect Day, perusahaan yang didirikan oleh Ryan Pandya dan Perumal Gandh, ilmuwan teknobiomedis dari India.

Keduanya berhasil membuat susu sintetis yang rasanya sama dengan susu sapi. Dilansir Odditycentral, pembuatan susu sintetik ini sebenarnya menggunakan teknologi yang sudah ada sejak lama, sama dengan cara pembuatan protein untuk obat-obatan, multivitamin, bahkan sabun cuci.

“Ketika ragi difermentasi gula, protein yang asli (kasein dan whey) akan terbentuk. Kemudian kombinasi lemak dan nutrisi nabati menciptakan susu bebas laktosa,” urai Ryan.

Ryan Pandya & Perumal Gandh.(CNBC.com)
Ryan Pandya & Perumal Gandh.(CNBC.com)

Ragi yang dianggap seperti sapi itu, dikutip brilio.net, diambil dari Departemen Pertanian Amerika dan diubah menjadi sapi pembuat susu dengan menggunakan teknologi 3D printing.

Bersama Perumal, Ryan mengambil cetak biru DNA sapi, lalu menggunakan 3D printer sebagai laboratorium. Selanjutnya, DNA ini dimasukan ke dalam ragi dan menjadikannya ‘sapi’.

Persamaan yang dimiliki adalah soal rasa, warna, tekstur hingga nutrisi. Sementara hal yang membedakan, susu buatan ini tidak mengandung laktosa dan tidak berasal dari sapi.
“Tubuhmu tidak bisa membedakannya karena dalam segala hal susu tersebut sama,” ujar Ryan.

Susu produksi Perfect Day itu dianggap memiliki keunggulan dibanding susu sapi biasa, yaitu masa simpan yang lama, bebas laktosa, bebas hormon, bebas steroid, kolesterol. ** Baca juga: Kayla, Atlet yang Berlari Tanpa Bisa Berhenti

Menurut rencana, produk susu sintetis buatan Perfect Day akan diluncurkan akhir 2017 ini. Jadi penasaran ingin mencicipi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru