‘Perceraian’ pun Bisa Terjadi pada Pasangan Burung Gelatik Biru, Lho

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak hanya manusia, burung gelatik ternyata juga mengalami pasang surut kehidupan, bahkan ‘kasus perceraian’ bisa ditemukan di antara mereka. Dalam Animal Behaviour, ekolog perilaku dari Institut Ornitologi bernama Max Planc bersama tim di Jerman Carol Gilsenan mengungkapkn alasan burung gelatik biru memutuskan untuk berpisah dari pasangan.

Diketahui, burung akan kawin dengan lawan jenisnya saat musim kawin tiba. Namun kebanyakan dari mereka, dilansir Kompas, lebih senang mengakhiri hubungan tersebut dan mencari pasangan lain ketimbang melanjutkannya ke musim kawin berikutnya. Kondisi inilah yang disebut para ornitologis sebagai perceraian atau perpisahan dalam dunia burung.

Selama delapan tahun, Gilsenan dan tim meneliti ratusan burung gelatik biru yang menghuni sarang buatan peneliti di hutan lindung Jerman Selatan. Dicatat, sebanyak 64 persen pasangan burung gelatik biru yang telah kawin akhirnya memilih untuk berpisah.

Padahal, jika kedua burung jantan dan betina memilih melanjutkan kehidupan bersama, telur yang ditetaskan akan menjadi lebih banyak. Mereka pun punya lebih banyak kesempatan untuk merawat fleduka, anak burung yang masih kecil dan belum mandiri.

Para peneliti menemukan bahwa mayoritas burung berpisah dengan pasangan lantaran mereka tidak memiliki kecocokan jadwal kawin. Mereka akan menyatu kembali apabila wilayah dan periode kawin mereka bertepatan.

“Jika jadwal (burung tersebut) lebih awal, otomatis tidak bisa menunggu. Bisa jadi mantan pasangan (burung tersebut) terluka atau mati,” kata Gilsenan. Hal ini wajar saja bila mengingat tingkat kematian burung gelatik dewasa mencapai 50 persen, sebuah persentase yang tinggi. ** Baca juga: Edan, Sebuah Situs di Mesir Dibuat Khusus untuk Jual Anak-anak

Peneliti juga menemukan kecenderungan bahwa pasangan burung gelatik biru yang saling menjaga hubungan di luar masa kawin akan lebih bertahan. Mereka pun akan berusaha untuk menyamakan jadwal kawin mereka pada musim kawin berikutnya.(ilj/bbs)