oleh

Perbasi Cup Digelar Diikuti 61 Tim Pelajar, Sorakan Penonton Pecah

Kabar6-Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Tangerang menggelar event turnamen Perbasi Cup. Sebanyak 61 Tim pelajar di Kota Tangerang mengikuti turnamen tersebut, setelah dua tahun dihantam Covid-19 event olahraga terkhusus basket tak digelar.

Dalam momentum pembukaan turnamen, Sabtu (6/8/2022) itu digelar di GOR Dimyati. Sementara turut dimeriahkan penampilan para atlet drumband Kota Tangerang hingga Paskibra yang memimpin upacara pembukaan. Event tersebut akan berlangsung hingga 14 Agustus 2022.

Hadir juga Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Anggota DPR RI yang juga Mantan Gubernur Banten Rano Karno, Ketua Umum Perbasi Kota Tangerang, Andri S Permana, jajaran Dispora hingga stakeholder yang terlibat dalam kegiatan.

Ketua Umum Perbasi Kota Tangerang, Andri S Permana mengatakan turnamen Perbasi Cup ini melibatkan 61 tim yang terdiri 45 sekolah SMP dan SMA yang ada di Kota Tangerang.

“Kita memperingati hari kemerdekaan pelajar di Kota Tangerang, sudah lama pandemi Covid-19 kita tidak menggelar event pelajar. Perbasi berkesempatan menggelar event pelajar SMP dan SMA yang diikuti 61 tim dari 45 sekolah,” ujar Andri.

Ketua Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Kota Tangerang ini mengungkapkan momentum Perbasi Cup ini agar semua anak-anak di Kota Tangerang terlibat dalam kegiatan positif. Ia menegaskan Perbasi Kota Tangerang berkomitmen untuk perkembangan pelajar Kota Tangerang.

Pihaknya pun berencana akan menggelar event turnamen piala bergilir selepas event ini.

“Semoga ini bisa menjadi trigger semua elemen kepemudaan, elemen masyarakat untuk sama-sama kita bergotong royong mengadakan kegiatan-kegiatan positif. Agar anak-anak kita, pelajar Kota Tangerang bisa melakukan kegiatan positif,” kata Anggota DPRD Komisi II ini.

Pantauan di lapangan pada saat pertandingan berlangsung, semua sisi tribun penonton terisi semua. Penonton sisi kanan panggung utama menggunakan seragam merah. Sementara sisi kiri menggunakan seragam putih. Hal tersebut sebagai momentum menyemarakkan HUT RI ke-77. Sorakan para penonton pun pecah pada saat pertandingan berlangsung.

Sementara, Anggota DPR RI Rano Karno merasa bahagia atas dihelat event Perbasi Cup di Kota Tangerang ini. Terlebih sudah dua tahun Covid-19 melanda, akhirnya Perbasi menggelar event olahraga para pelajar.

Menurutnya Politisi PDI-Perjuangan ini, olahraga Basket tengah naik daun. Lantaran pada 2023 mendatang Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Basket.

“Bahagia yang pertama. Karena hampir dua tahun anak-anak tidak ada kegiatan. Makanya Perbasi melakukan inisiatif sesuatu gerakan khususnya memang basket yang lagi naik daun,” katanya.

“Basket Indonesia lagi naik daun. Bahkan, kita tahun 2023 ditunjuk menjadi tuan rumah kejuaraan basket dunia. Makanya di Gelora Senayan tengah dibangun stadion basket berstandar internasional,” sambungnya.

Melalui event olahraga di Kota Tangerang ini, Mantan Gubernur Banten ini mendorong berbagai daerah untuk terus melakukan event kegiatan olahraga.

Selain itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan kejuaraan bola basket ini bisa menciptakan bibit – bibit atlet pelajar bermental juara di Kota Tangerang yang bisa berlaga di even-even besar lainnya.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Tangerang sangat apresiasi dengan mendukung penuh kegiatan ini, dan Kepada anak – anakku sekalian yang akan bertanding harus mempunyai semangat menang, kalian kesini untuk menang,” ujar Arief.

“Dan untuk yang kalah jadikan hal ini motivasi kalian bahwa itu kemenangan yang tertunda,” tambahnya.

**Baca juga: Rano Karno : Arief-Zaki Diminta Suit untuk Dampingi di Pilgub Banten

Arief juga mengingatkan kepada para pendukung yang ikut menyemarakan pertandingan ini untuk tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Dan mudah – mudahan kegiatan ini menjadi wadah bagaimana kita meningkatkan imunitas diri dengan berolahraga,” tandasnya. (Oke)