oleh

Perbaikan Jalan Alternatif Talang Balaraja Sedot Dana Rp 1 Miliar

Kabar6-Pemerintah Kabupaten Tangerang akan memperbaiki infrastruktur ddi Jalan Alternatif Talang, Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Kondisi jalan rusak berbatu dan bila cuaca panas lokasi sekitar terasa debu tebal.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang, Iwan Fismansyah mengatakan pihaknya siap akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk perbaikan ruas jalan tersebut.

”Sudah dianggarkan di APBD Perubahan 2022, nanti bulan September ditender, bulan November insyallah selesai,” ungkap Iwan Firmansyah kepada wartawan, Rabu, (27/7/2022).

Ia pun menuturkan, kondisi jalan di Kabupaten Tangerang dengan presentase 80 sampai 90 persen dalam kondisi baik dan sedang. “Ya 10 persennya kan mungkin di antaranya yang itu, kalau dari 1000 kilo 80 persen kan 20 kilo, kalo 2 M aja satu anggaran butuh 500 milyar kan gitu” jelasnya.

Iwan mengungkapkan, anggaran yang digelontorkan pemerintah daerah tidak cukup untuk menangani seluruh jalan yang rusak.

“Anggaran yang digelontorkan kan tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada, karena kan jalan yang rusak dari 10 persen itu hampir 200 kilo. Kalau kita berbicara ruas kabupaten Tangerang dengan jumlah ruas dan jumlah kilo meternya kan ada 1300 kilo” ungkap Iwan.

**Baca juga: Ikuti Program Wirausaha Merdeka Gratis dari Universitas Prasetiya Mulya.

Mantan Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang ini pun menyebutkan, banyaknya kendaraan bermuatan lebih berat menjadi salah satu penyebab ruas jalan cepat rusak.

“Karena kan di Kabupaten Tangerang ini banyak kendaraan yang overload, kelas jalan kita itu kelas IV kelas III dihajar sama yang tonasenya yang 24 ton, jadi rusak dini” jelasnya.(Rez)