oleh

Peraturan Unik, Korut Hanya Izinkan 15 Model Rambut untuk Pria dan Wanita

Kabar6-Ada lagi peraturan unik yang wajib ditaati warga Korea Utara (Korut) perihal memilih model rambut. Peraturan tak biasa ini tentu saja telah ditetapkan pemimpin Korut, Kim Jong-un.

Seorang jurnalis asal Finlandia, Mika Mäkeläinen, berkesempatan mengunjungi Korea Utara dalam rangka perayaan ‘Day of the Sun’ di Pyongyang pada 2017 lalu. Melansir Mirror, Mika mengunggah sebuah informasi pada akun Twitter miliknya bahwa masyarakat Korea Utara memiliki 15 model potongan rambut yang telah disetujui oleh negara. Uniknya, tidak ada satu pun jenis model rambut tersebut yang serupa dengan potongan rambut Kim Jong-un.

Meskipun begitu, terdapat 15 model rambut yang disediakan dan tidak ada pilihan yang memungkinkan masyarakat Korut untuk memiliki rambut panjang, baik bagi pria maupun wanita. Mika juga mengatakan, warga Korut tidak dapat mewarnai rambutnya.

Sempat terdapat spekulasi di pemberitaan dunia bahwa peraturan model rambut di Korut ditetapkan agar tidak ada yang menyerupai penampilan Kim Jong-un. Namun sekira 2016, dikatakan bahwa Kim Jong-un membuat aturan agar pria mengikuti potongan gaya rambutnya, yang berarti membatasi pertumbuhan panjang rambut maksimal 2cm.

Sama halnya, kaum wanita juga memiliki peraturan terkait potongan rambutnya, yaitu model rambut dengan potongan bob klasik yang merupakan potongan rambut istri Kim Jong-un. Model rambut tersebut wajib diikuti oleh para wanita di Korut. ** Baca juga: Masuk Gedung Sekolah, Remaja 19 Tahun di Ukraina Tembakkan Panah Otomatis Secara Acak

Nah, bagi masyarakat yang ketahuan melanggar aturan tentang model rambut yang ditetapkan Kim Jong-un, diberitakan akan diberlakukan pemotongan rambut langsung oleh petugas pemerintahan, terutama bagi para mahasiswa di universitas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru