oleh

Perasaan Tegang Bisa Picu Sakit Kepala

Kabar6-Tiap orang tentu pernah merasa dalam kondisi tegang, antara lain karena tekanan pekerjaan atau hal lain yang membuat dirinya stres. Tidak hanya membuat jantung berdebar-debar dan perut terasa mulas, perasaan tegang juga bisa menimbulkan sakit kepala.

Saat Anda merasa tegang, melansir Webmd, maka otot-otot di leher, wajah, kulit kepala, serta rahang akan ikut menjadi tegang, sehingga bisa menyebabkannya sakit kepala. Selain perasaan tegang, postur fisik yang membuat otot kepala dan leher tegang juga bisa membuat sakit kepala. Misalnya, posisi duduk yang tidak benar di depan komputer selama berjam-jam atau menempelkan ponsel ke telinga dengan bahu terlalu lama.

Sakit kepala tegang atau juga biasa disebut sakit kepala kontraksi, adalah jenis sakit kepala yang paling umum. Rasa sakit biasanya ada di kedua sisi kepala dan Anda mungkin akan merasa seolah-olah ada ikat pinggang yang diikat erat atau sesuatu yang menekan pada wajah, kepala, atau leher. Selain itu, Anda juga mungkin lebih sensitif terhadap cahaya dan suara.

Untuk menyembuhkan sakit kepala tegang, Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Jika itu sudah dihindari, tetapi sakit kepala belum juga hilang, mintalah saran pada dokter.

Cara lain, mandi air panas atau meletakkan wash lap hangat di belakang leher, sehingga bisa membantu menghilangkan sakit kepala tegang. ** Baca juga: Benarkah Khasiat Madu Hilang Saat Proses Memasak?

Anda juga bisa rutin melakukan meditasi atau teknik rileksasi untuk mengelola stres, yang diharapkan ampuh untuk mengurangi atau menghilangkan sakit kepala akibat rasa tegang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru