oleh

Perampok Toko Emas Balaraja Gunakan Plat Nomor Palsu, Dibeli di Serang

Kabar6-Pelaku perampokan toko emas di kawasan Balaraja beberapa waktu lalu di tangkap saat kembali ke negara asalnya, Malaysia.

Dalam menjalankan aksinya, MNF (26) dan MNI (24) menyewa sebuah mobil Toyota Avanza dari salah satu rental mobil yang berada di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kombes Pol Sabilul Alif, selaku Kapolres Kota Tangerang mengungkapkan, pihaknya sempat dibuat kewalahan ketika melakukan investigasi.

Pasalnya ini merupakan kasus perampokan toko emas pertama kali yang pelakunya adalah Warga Negara Asing (WNA).

Selain itu kesulitan lainnya yakni, kedua pelaku juga sempat mengganti pelat nomor berwara putih itu dengan plat palsu T1721, dari sebelumnya B 2069 UFC.

“Kami kesulitan menelurusi status kepemilikan mobil karena pelat nomor yang digunakan palsu,” kata Sabilul, Kamis (11/7/2019).

Sabilul menjelaskan, pelat nomor palsu itu dibeli oleh kedua pelaku di daerah Royal Alun-Alun Kota Serang, Banten.

Dimana, sebelum melancarkan aksi mereka sempat menginap di salah satu hotel daerah Serang.

“MNF juga tertangkap kamera cctv ketika melakukan isi ulang e-Toll di salah satu mini market dan pagi harinya sebelum merampok Toko Emas Permata, Balaraja,” tuturnya.

**Baca juga: Lika Liku Penangkapan ‘Garong’ Emas Asal Malaysia.

Setelah menggasak SPBU dan toko emas, lanjut Sabilul, mereka melarikan diri ke negara asalnya dan kembali melakukan aksi yang serupa.

“Usai beraksi di Indonesia, keduanya bergega kembali ke Malaysia. Menurut pengakuan kedua pelaku, emas hasil rampokan di Balaraja dibawa ke Malaysia,” ujarnya.

Tiba di Malaysia, mereka kembali melakukan aksi perampokan di daerah Kuala Lumpur dan Selangor. Aksi itu dilakukan mereka pada tanggal 2 Juli 2019, PDRM pun meringkas keduanya dan melakukan penahanan,” tutupnya.(Vee)

Berita Terbaru