oleh

Pepes Ikan Mas Resto Petulu, Nikmat..!

Kabar6-Pepes atau pais merupakan salah satu masakan tradisional khas tanah Pasundan.

Cara pengolahannya dengan bantuan daun pisang sebagai pembungkus, bahan yang akan dibungkus terlebih dahulu dicampur dengan bermacam-macam bumbu.

Kemudian dikukus dengan durasi waktu tertentu, lalu di sajikan hangat. Hmm…

Ya, di gerai Pepes Tulang Lunak (Petulu) milik Maartika Putri Ramadina di kawasan Giant Supermarket sector 2 Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel), petulu ikan mas menjadi primadona pengunjung. Alasannya?

Uti, begitu dirinya akrab disapa menjelaskan, pepes ikan mas khas resto petulu mengedepankan proses yang higienis dan bersih.

Ditambah, ragam bumbu rempah campuran pepes, tidak ada yang di haluskan melainkan di potong kecil-kecil. Dan, untuk pengukusannya memakan waktu lebih lama dari biasanya, yakni delapan jam.

“Durasi waktu pengukusan lebih lama, akan menghasilkan citarasa, aroma serta resapan rempah ke dalam daging ikan mas akan semakin kental,” kata Uti kepada kabar6.com.
Untuk meghasilkan pepes yang maknyus, ternyata tidak saja soal bumbu dan cara mengukus, tapi juga kualitas ikan.

Untuk itu, Uti mengaku cukup ketat soal pemilihan bahan utama ini. Di gerainya, terdapat dua ukuran Pepes ikan mas, yaitu ukuran kecil (sekitar 300 gram) dan sedang (500 gram).

Menariknya lagi, pepes ala Petulu ini bisa bertahan untuk waktu lama, karena sebagian sudah dikemas frozen dan menjadi praktis untuk pelanggan yang ingin menikmati petulu itu di rumah.

“Semuanya frozen, jadi tahan untuk beberapa minggu bahkan bulan. Kalau ingin menikmati, tinggal dihangatkan menggunakan microwave selama 30 menit. Sambal juga sudah tersedia, jadi tidak repot,” tambah Uti.

Della, salah seorang pengunjung mengaku senang berwisata kuliner ke kerai petulu milik Uti. Karena, di gerai tersebut Della dapat menemukan pepes ikan mas dengan kualitas dan citarasa yang benar-benar numero uno.

Oleh sebab itu, saat week end menjadi waktunya Della untuk menikmati sajian petulu ikan mas di gerai tersebut. **Baca juga: Buntil, Buntelan Imut Penggugah Selera.

“saya suka petulu ikan mas resto ini. Disamping citarasanya yang lezat, ikan mas sendiri mengandung gizi yang komplit dan cukup tinggi, seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup,” papar wanita berkulit putih ini.(fitrah)

Berita Terbaru