oleh

Penyelundupan Burung Digagalkan di Merak

Kabar6-Upaya penyelundupan sebanyak 5.500 ekor burung berbagai jenis berhasil digagalkan petugas Balai Konserfasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar wilayah Banten.

Penegahan dilakukan ketika ribuan burung yang diangkut menggunakan truk tersebut berada di pelabuhan penyebrangan Merak.

Petugas BKSDA Uday Hudaya, saat dihubungi¬† melalu sambungan telepon membenarkan adanya pencegahan penyelundupan burung tersebut. “Benar mas,” ujarnya, Senin(03/11/2014).

Dijelaskan Uday, penegahan penyelundupan itu dilakukan atas laporan warga yang mencurigai adanya kendaraan truk yang membawa berbagai jenis burung, seperti perkutut, kutilang, ciblek, pleci dari daerah Kalianda, Lampung.

“Untuk mengelabui petugas, ribuan burung itu disembunyikan dengan tumpukan buah-buahan dan sayur-sayuran. Ribuan burung ini rencananya akan di bawa ke beberapa wilayah, seperti Serang, Bitung, dan Jakarta,” ujarnya.

Sementara ini, supir truk beserta kernetnya diamankan untuk dimintai keterangan di Kantor Balai Karantina pertanian Kelas II Merak, Cilegon.**Baca juga: Mardiono Tuding Muktamar PPP Versi SDA Kebohongan Publik.

Sedangkan ribuan burung kini masih berada di kantor Karantina dan rencananya hari ini akan dibawa ke Kantor BKSDA untuk dilepaskan guna menghindari mati karena setres.(tmn/din)

 

Berita Terbaru