oleh

Penyebab Tak Terduga Bau Badan

Kabar6-Mengalami bau badan tentu membuat orang menjadi tidak percaya diri. Akibatnya, dia dijauhi dari lingkungan pergaulan. Terlebih bila bau badan sulit dihilangkan hanya dengan sabun dan scrub.

Namun tahukah Anda, terdapat sejumlah penyebab bau badan yang tak terduga, lho. Melansir beberapa sumber, ini dia penyebabnya:

1. Efek obat tertentu
Obat membantu kondisi kesehatan Anda untuk berangsur membaik. Namun ada beberapa obat yang memiliki efek samping, seperti morfin atau penurun demam, yang membuat Anda berkeringat. Nah, bisa jadi efek samping obat ini menjadi penyebab bau badan.

Selain itu, obat-obat seperti antihistamin, dekongestan, dan pelemas otot, serta obat-obatan untuk mengobati nyeri dan kecemasan saraf, juga dapat menyebabkan mulut kering. Ini salah satu penyebab bau mulut yang paling umum.

2. Gemar konsumsi makanan pedas
Gas yang mengandung belerang adalah penyebab bau badan setelah Anda konsumsi makanan tertentu. Makanan yang banyak mengandung bawang putih, kari, atau rempah-rempah lainnya juga akan melepaskan gas-gas ini ketika tubuh Anda memecahnya.

Gas-gas bau ini dilepaskan melalui pori-pori Anda, dan akan menjadi penyebab bau badan selama beberapa jam setelah makan.

3. Stres tingkat tinggi
Mengapa stres menjadi penyebab bau badan? Jawabannya adalah karena keringat. Ya, berkeringat adalah respons alami terhadap stres. Tetapi keringat paling bau terjadi saat Anda stres.

Keringat stres berasal dari kelenjar apokrin. Cairan keringat ini tidak berbau hingga bercampur dengan bakteri di kulit Anda, dan menyebabkan bau badan yang menyengat.

4. Mabuk pada malam hari
Saat tubuh Anda memecah alkohol dan mengalir melalui aliran darah Anda, sebagian keluar dari napas dan keringat Anda. Tubuh akan memperlakukan alkohol seolah-olah beracun. Akibatnya tubuh akan berusaha memecah dan mengeluarkannya secepat mungkin.

Kebanyakan alkohol akan dimetabolisme di hati dan dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Tetapi jika Anda minum lebih banyak daripada yang dapat diproses hati atau jika hati Anda rusak, beberapa dikeluarkan melalui napas dan keringat. Hal ini menyebabkan bau badan yang lebih busuk. ** Baca juga: Hati-hati, Makan Saat Stres Bisa Picu Obesitas

Jadi ketahui penyebab bau badan yang Anda alami sebelum mencari solusinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru