oleh

Penyebab Berat Badan Melonjak yang Sering Dialami Pekerja Kantoran

Kabar6-Sebagian orang bekerja dalam ruangan dengan penyejuk udara (AC) yang membuat suasana nyaman. Namun di sisi lain, kenyamanan itulah yang membuat pekerja menjadi betah, sehingga malas bergerak dan lebih banyak duduk seharian.

Akibatnya, secara tidak sadar berat badan merambat naik sedikit demi sedikit. Sebenarnya, apa saja sih yang menjadi penyebab berat badan cepat naik bagi para pekerja kantor? Melansir beberapa sumber, berikut empat hal yang menjadi penyebabnya:

1. Gaya hidup sedentary
Kurang gerak dan terlalu banyak duduk bisa menyebabkan berat badan gampang naik. Hal ini karena energi dari makanan yang kita konsumsi tidak dibakar lewat aktivitas fisik.

Namun Anda tidak harus selalu naik tangga menuju ruang kantor, cukup berjalan saja setiap satu jam dan lakukan peregangan agar lebih segar.

2. Asupan makanan berlebih
Beberapa kantor menyediakan makan siang dalam bentuk prasmanan untuk para pegawainya. Meskipun memudahkan, makan dalam porsi berlebih, sementara aktivitas fisik yang dilakukan minim, dapat membuat berat badan jadi gampang naik.

3. Kurang asupan gizi
Tidak semua makanan yang kita beli di kantin atau lingkungan sekitar kantor memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Kebiasaan membeli makanan atau camilan dalam porsi besar saat waktu istirahat di kantor, secara tidak sadar membuat berat badan merangkak naik.

Jaga berat badan dengan membawa sendiri bekal makan siang berisi hidangan sehat seperi nasi merah dan lauk pauk segar atau yang dipanggang, bukan digoreng.

4. Mengemil atau makan siang sambil bekerja
Saat bosan bekerja, biasanya bukan bergerak yang kita lakukan, melainkan mengobrol atau mengemil. Nah, kebiasaan mengemil itulah yang berbahaya karena bisa menyebabkan berat badan naik dengan cepat, apalagi jika yang menjadi camilan adalah makanan olahan berpengawet dan berkadar gula tinggi.

Lebih parah lagi kalau mengemil sambil bekerja. Anda jadi tidak sadar sebanyak apa keripik kentang yang sudah masuk perut. ** Baca juga: Mengapa Ada Orang yang Gemar Menonton Film Horor?

Jaga porsi makan agar tidak berlebihan, dan perhatikan kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsi agar berat badan tetap terjaga dan tubuh selalu sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru