oleh

Penyakit Kaki Gajah di Tangsel Sulit Disembuhkan

Kabar6-Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Muhammad Rusmin mengatakan, bahwa penyakit kaki gajah sangat sulit disembuhkan.

Sedangkan alokasi dana yang dikeluarkan untuk pengadaan obat antifilariasis tidak sebanding dengan kesembuhannya.

Bahkan, kasus pada tahun 2006 lalu, upaya pengobatan kaki gajah dengan jalur operasi membutuhkan biaya lebih dari Rp 500 juta.

“Itu pun kesembuhanya hanya 30 persen saja. Untuk itu yang kami bisa lakukan hanya melakukan penyuluhan dan penangkalan atas penyebaran kaki gajah saja.

Sedangkan untuk proses penyembuhan total, hingga saat ini belum ada yang berhasil, lantaran penyakit ini merusak langsung pembuluh Linve (kelenjar getah bening) dan sulit untuk merangkai jaringan pembuluh yang sangat kecil tersebut,” nyatanya.

Terkait dengan 19 orang yang masih dinyatakan menderita kaki gajah akut, pihak dinas sudah mendatanya. Para penderita ini, akan terus mendapatkan pemantauan dan penanganan langsung dari puskesmas terdekat penderita jika dibutuhkan.

“Pengecekan dan penanganan berkala akan kami lakukan terhadap mereka. Meski sulit disembuhkan, dukungan dari dinas dan keluarga penderita juga harus dipupuk kepada penderita ini,” papar Rusmin.(yud/tur)

Berita Terbaru